Telan 1,4 Milyar, Mushalla Alumni SMPN 1 Guguak Segera Rampung

Telan 1,4 Milyar, Mushalla Alumni SMPN 1 Guguak Segera Rampung

Telan 1,4 Milyar, Mushalla Alumni SMPN 1 Guguak Segera Rampung

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Pembangunan mushalla SMPN 1 Guguak yang dibiayai alumni dan para orang tua murid semakin mendekati rampung. Rumah ibadah berukuran 18 x 30 meter itu diperkirakan sudah bisa dimanfaatkan akhir tahun ini.

Kepala SMPN 1 Guguak Alfizal, M.Pd kepada wartawan di Dangung-Dangung kemaren mengatakan, hingga selesau mushalla itu diperkirakan akan menghabiskan biaya hingga Rp1,4 milyar.

“Hingga kini pengerjaan mushalla itu sudah menelan biaya sekitar Rp800 juta. Dalam waktu dekat diperkirakan sudah bisa ditempati,” tutur Alfizal.

Dikatakan, sumber pembiyaan bangunan permanen itu sebagian besar berasal dari alumni. Lebih mengagumkannya, tidak sedikit alumni yang menyumbang sebesar Rp50 juta bahkan ada yang mencapai Rp100 juta.

“Alumni sekolah yang dulunya bernama SMP 1 Dangung-Dangung itu benar-benar patut mendapatkan acungan jempol. Dalam tempo sekitar dua tahun saja, bisa mengumpulkan dana hingga kisaran Rp1 milyar buat pembangunan mushalla baru,” tutur Alfizal.

Menurut Alfizal, tak hanya dana, rancangan dan panitia pembangunan mushalla itu juga langsung dari alumni. Dana keluar dan masuk serta perkembangan pembangunan ter- up date dalam media sosial seperti grup WhatsApp para alumni.

“Manajemennya cukup transpara. Para alumni bisa mengetahui perkembangan berapa uang masuk dan keluarnya setiap saat karena semuanya di update pengurus di media sosial para alumni,” tutur Alfizal.

Lebih jauh dipaparkan, pembangunan mushalla itu sudah dimulai sejak tahun 2013 silam dan kini sudah terealisasi sekitar 75%. Pembangunan dilaksanakan karena mushalla lama di sekolah ini sudah tidak layak pakai lagi. Bahkan sebagian besar atapnya sudah bocor dan lotengnya juga sudah banyak yang hancur.

“Mushalla lama diperkirakan sudah dibangun sejak tahun 1960a-an silam. Bangunan  lama itu sudah tidak layak pakai lagi.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*