Tentang Yayasan Danamon Peduli

Yayasan Danamon Peduli - mengubah pasar kumuh jadi "sejahtera"

Yayasan Danamon Peduli – mengubah pasar kumuh jadi “sejahtera”

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Yayasan Danamon Peduli didirikan pada tahun 2006 dan didedikasikan khusus untuk melaksanakan seluruh kegiatan CSR dari Bank Danamon dan Adira selaku anak perusahaan yang berorientasi pada keberhasilan jangka panjang dan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Bagi Danamon, pelaksanaan program CSR merupakan investasi sosial yang berperan memperkuat kegiatan utama dan kelangsungan bisnis bank dan anak perusahaan. Dalam melaksanakan program CSR, Yayasan Danamon Peduli menempatkan diri sebagai mitra pembangunan, katalis, sekaligus sumber pembelajaran bagi semua pemangku kepentingan.

Program Pasar Sejahera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat)

Pasar tradisional yang kini berubah penyebutan menjadi Pasar Rakyat (UU No.7/2014) memiliki peran penting dalam roda kegiatan perekonomian di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, tahun 2012 tercatat sekitar 9.599 pasar rakyat yang memasok 60% kebutuhan dasar masyarakat, dan merupakan sumber penghidupan bagi 30 juta pedagang di Indonesia.

Sebagai katalis dan mitra pembangunan, Yayasan Danamon Peduli berpartisipasi aktif dalam program revitalisasi pasar sejak tahun 2010. Program ini bertujuan; meningkatkan dan memperbaiki kesehatan lingkungan pasar. Mengembangkan unit percontohan sebagai bentuk dukungan dari sektor swasta yang dapat diaplikasikan secara luas.

Fokus pelaksanaan program ini sendiri; revitalisasi fisik pasar dan peningkatan kesadaran dan perubahan perilaku para pedagang pasar khususnya dan pelaku pasar lainnya yang terlibat dalam kegiatan di pasar rakyat.

Saat ini ada tujuh pasar percontohan Pasar Sejahtera yaitu Pasar Ibuah-Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Sindangkasih-Majalengka Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Semampir-Kraksaan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Pasar Baru-Kota Probolinggo Jawa Timur, dan Pasar Kemuning-Pontianak Kalimantan Barat.

Tiga Pasar Sejahtera akan segera dibuka pada tahun 2014.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*