Terdapat 33 Penerima Penghargaan Maestro Seni Tradisi

MNUH-MENDIKBUDJakarta, PADANGTODAY.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi pada 3 oktober 2014, di Gedung Pusat Perfilman, H. Usmar Ismail, Kuningan Jakarta. Pemberian anugerah ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap seniman dan budayawan Indonesia.

“Pemerintah mempunyai peran untuk menfasilitasi tumbuh dan bekembangnya kebudayaan dan kesenian, oleh sebab itu, orang-orang yang telah berjasa wajib kita apresiasi,” ungkap Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Marijan, saat jumpa pers di kantor Kemdikbud, Jumat (26/09/2014).

Proses seleksi yang telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2014, menghasilkan 49 seniman dan budayawan terpilih yang akan menerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro seni tradisi. Penerima Anugerah Kebudayaan terdiri dari, lima penerima tanda kehormatan bintang budaya Paramadarma, 11 penerima tanda kehormatan Satyalancana.

Selain Penerima Anugerah Kebudayaan, terdapat 33 penerima Penghargaan Maestro Seni Tradisi yang tebagi dalam empat katagori, yaitu kategori Anugerah Seni, Kategori Pelestari dan Pengembang Warisan Budaya, Kategori Anak dan Remaja yang Berdedikasi Terhadap Kebudayaan, dan Maestro Seni Tradisi.

Kacung mengemukakan, penghargaan khusus akan diberikan untuk kategori Maestro berupa dana pensiun 25 juta per tahun. Pemberian apresiasi kekhususan tersebut dimaksudkan untuk memberikan penghargaan atas pengorbanan dan sumbangsih mereka terhadap kesenian dan kebudayaan, seperti Baidjuri Tarmuzi seorang seniman musik dan tari bangka.

“Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan bisa memberikan semangat bagi para Maestro dan budayawan lainnya untuk terus berkarya, menjaga, dan melestarikan seni dan budaya di Indonesia,” pungkas Kacung.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*