Terkait Jalan Menuju Disdukcapil, Komisi A DPRD Minta Agar Pemko Payakumbuh Tuntaskan Pembangunan

Kantor Disdukcapil Kota Payakumbuh yang teletak di kelurahah Kubu Gadang, Payakumbuh Utara.

Kantor Disdukcapil Kota Payakumbuh yang teletak di kelurahah Kubu Gadang, Payakumbuh Utara.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kondisi yang sempit dan tidak terlihat akses yang jelas membuat Ketua komisi A DPRD Payakumbuh Drs. H. Fitrial Bachri, prihatin dengan jalan menuju masuk kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Hal tersebut disampaikan Fitrail Bachri sepulang turun lapangan bersama seluruh anggota komisi A ke Disdukcapil. Di sisi lain, pembangunan kantor sangat baik. Namun kondisi jalan menuju kantor tersebut tidak terlalu mendukung, sehingga warga kesulitan hendak berkunjung ke kantor pelayanan masyarakat itu.

Untuk itu, komisi A meminta Pemko Payakumbuh lebih intensif perihal pembangunan jalan tersebut. Kemudian di tahun 2017 mendatang, Disdukcapil diminta untuk menganggarkan pembangunan jalan tersebut dan Dinas PU serta instansi lain yang terkait dengan itu, diminta saling besinergi.

“Setelah itu kami mendorong Pemerintah Kota untuk peningkatan pendataan cakupan penduduk yang memiliki KTP. Mendorong Pemerintah Kota untuk peningkatan perekaman e-KTP. Kami juga mendorong Pemerintah Kota untuk peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengurus akte kelahiran, di mana saat ini masih rendah, yaitu baru 21,39%.

Walau demikian, Komisi A DPRD Payakumbuh melihat kinerja Disdukcapil sangat baik. Meski demikian, masih banyak yang harus didukung oleh komisi tersebut. Di antaranya mendorong Pemerintah Kota untuk peningkatan predikat IKM dari baik menjadi sangat baik.

“Persiapan dan kesiapan e-KTP untuk kelurahan hasil penggabungan agar diupayakan penyelesaiannya secara terprogram dan jalan masuk menuju Kantor Disdukcapil agar dituntaskan, demi terciptanya pelayanan prima, sesuai dengan visi-misi Walikota,” ujar Ketua Fraksi Partai Gerindra itu.

Secara terpisah, kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh, Ir. Mediar Indra menyambut baik perhatian komisi A DPRD yang telah merekomendasi pembangunan jalan menuju Disdukcapil yang teletak di Kelurahah Kubu Gadang, Payakumbuh Utara.

“Akses jalan menuju Disdukcapil memang sempit dan sulit dicari masyarakat. Untuk anggaran jalan tersebut, tentunya butuh dukungan semua pihak dan masyarakat pemilik tanah. Jalan keluarnya adalah duduk bersama dengan pemilik tanah dan dinas-dinas terkait, karena jalan adalah mempercepat pelayanan prima,” ujar Mediar Indra.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*