Ternyata, Bedeng Milik Pengusaha Kayu Bekas Dibakar

Fhoto : Bedeng diduga milik masyarakat Sipoa Kabupaten Sijunjung dalam kondisi sudah terbakar di kawasan hutan lindung Bukit Air Damar Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar.(ddy)

Advertisements

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Tim gabungan KPHL Bukit Barisan Provinsi Sumatera Barat bersama TNI dan Polri, Kamis (01/02/18), tidak hanya menemukan kayu yang diduga hasil pembalakan, namun juga menemukan lokasi bedeng bekas terbakar.

Penelusuran yang dilakukan oleh tim gabungan bersama dengan masyarakat Jorong Mawar II di kawasan hutan lindung Bukit Air Damar Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, bedeng yang diduga milik masyarakat Sipoa Kabupaten Sijunjung hangus terbakar termasuk kayu yang sudah diolah.

Menurut Kepala Jorong Mawar II Devi, pembakaran bedeng ini terjadi beberapa waktu lalu sebelum tim gabungan ke lokasi ini.

“Kejadian pastinya kita tidak mengetahui, namun informasi itu sudah beredar di masyarakat jika bedeng di lokasi hutan lindung terbakar,” ucap Devi.

Dalam giat tersebut, Kepala KPHL Bukit Barisan Provinsi Sumbar Sarni menyatakan bahwa titik kordinat tempat pendirian mesin lambersering berada dalam kawasan hutan lindung, sedangkan untuk menentukan wilayah tersebut berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar atau Kabupaten Sijunjung menunggu hasil satelit yang di kelola melalui kantor di Padang.

“Sementara Untuk penyelesaian kasus akan di koordinasikan oleh pihak KPHL Resort Tanah datar dengan pihak polres Tanah Datar,” tutur Sarni.

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudah Prajas kepada www.padang-today.com, kamis (01/02) mengatakan jika masih menunggu laporan dan hasil pengecekan dari tim gabungan.

“Jika ada laporan tindak pidana, kami akan proses sesuai hukum yang berlaku, jadi kita tunggu saja hasil dari tim,” tutur Bayuaji.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*