Ternyata Di Tepi Selo Ditemukan Kebun Melon, Panen Perdana Mencapai 20 Ton

Fhoto : Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma ketika mengunjungi kebun Melon milik Yan Herry warga Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar.(ddy)

Advertisements

TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Karena jarang ditemui, dan merasa ganjil di Tanah Datar, terdapat sebuah hamparan bekas persawahan yang digunakan warga menanam tanaman atau buah melon.

Terletak di Simpang Labuah Lintang Nagari Tapi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, pemilik kebun Yan Herri mencoba memanfaatkan hamparan itu menjadi kebun Melon. Dan saat ini sedang dalam masa perawatan pasca tanam.

Kepada www.padang-today.com, Kamis (01/03/18) di Tepi Selo Zulfikar Raden tokoh masyarakat setempat menuturkan sang pemilik kebun yakni Yan Herri sudah memasuki masa tahun ke-2, sebelumnya hamparan kebun melon seluas 1 Ha itu pada panen perdana menghasilkan 20 ton Melon.

“Alhamdulillah pak, pada penanaman dan hasil panen perdana bisa menghasilkan buah melon 20 ton yang kami pasarkan di Sumbar dan Pakanbaru serta beberapa daerah lainnya,” ungkap Zulfikar yang akrab disapa Pak Raden.

Ia mengatakan, jika langkah yang dilakukan pemilik lahan ini mampu merobah cara pandang masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang lebih efisien di bidang pertanian dan ekonomi.

“Nagari Tepi Selo menurut ahli peetanian yang pernah berkunjung kesini, memiliki potensi untuk ditanami melon. Saat ini, ini masih satu-satunya lahan di Lintau ini yang ditanami buah melon, dan tentu hal ini bisa diikuti oleh masyarakat lain, karena melon secara prinsip sangat mudah dipasarkan dan sudah memiliki pasar yang baik,” ucap Pak Raden.

Sebutnya, kebun melon ini pernah secara tidak sengaja di jumpai oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma ketika melakukan olah raga buru babi.

“Siapa sangka, di Lintau terdapat kebun yang dimanfaatkan warga menjadi kebun buah melon yang mampu menghasilkan panen 20 ton pada lahan yang luasnya hanya 1 hektar, pak wabup sendiri terkesima melihat hal itu,” tuturnya.(ddy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*