Terobosan Baru Dinas Pariwisata MoU dengan Wikimedia Indonesia Digitalisasi Dokumentasi PDIKM

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Semoga dengan digitalisasi data dan dokumentasi yang ada di PDIKM ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lagi ke PDIKM,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang Hendri Fauzan, AP, M.Si saat menandatangani Kontrak Kerjasama dengan Wikimedia Indonesia di PDIKM Padang Panjang, Jum’at (13/7). Turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo diwakili Kabid IKP Indrayadi, SE dan perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Kabid Pariwisata Medi Rosdian, S.Sos, M.Si serta Kabid Ekonomi Kreatif Busmar Candra, S.Kom.Penandatanganan kerjasama digitalisasi antara Wikimedia Indonesia dengan Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata dan minat baca terhadap swjarah Minangkabau.

Advertisements

” Kita berharap dengan adanya era digitalisasi ini, tercipta hendaknya rasa cinta tentang Minangkabau serta generasi muda dapat menambah pengetahuan dan rasa ingin tahu tentang sejarah yang ada terutama di Minangkabau,” ungkap Hendri.

Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pariwisata mengucapkan rasa terimakasih untuk wikimedia yang telah mau bekerjasama dalam melakukan digitalisasi data yang ada di PDIKM.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa zaman sekarang semua informasi dapat di akses melalui internet. Nah dengan begitu, untuk pertama kalinya PDIKM melakukan digitalisasi data – data untuk kalayak ramai.

“Kami berharap ini langkah awal yang bisa dijadikan kelanjutan untuk data yang ada di Padang Panjang, karena kita akan bekerjasama juga dengan Dinas Kominfo dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,” jelasnya.

Kerjasama tersebut ditandatangi oleh Ketua Umum Wikimedia Indonesia Biyanto Rebin melalui perwakilannya dengan Kepala Dinas Pariwisata Hendri Fauzan. Kegiatan tersebut akan dimulai semenjak penandatanganan terhitung hari ini hingga Oktober 2018.

Salah satu perwakilan Wikimedia Rahmat Wahidi mengatakan sekilas tentang tujuan dari wikimedia sendiri yaitu Bebaskan Pengetahuan, khususnya seluruh penduduk di Indonesia.

Dan untuk saat ini, Wikimedia mencoba melakukan kontribusi dengan Pemerintah Kota Padang Panjang untuk melakukan digitalisasi data yang ada di PDIKM.

“Jika dilihat konten lokal yang ada khususnya tentang Minangkabau itu sangat sedikit, dengan begitu kami berharap melalui kontribusi ini, kami dapat membantu mendigitalisasikan koleksi yang ada,” ujarnya.

Artinya, nanti dokumentasi yang dimiliki PDIKM Padang Pajang dapat diketahui dan dinikmati oleh masyarakat, tidak hanya di Daerah saja bahkan hingga Mancanegara.

Rahmat berharap semoga kerjasama ini akan tetap berlanjut tidak hanya sampai disini, tapi akan ada lagi kerjasama dalam bentuk lainnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*