Tidak Ada Kata Terlambat UntuK Berhenti Merokok

ILUSTRASI

ILUSTRASI

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Tidak ada yang memperdebatkan bahwa rokok memang berbahaya bagi tubuh. Zat racun yang terkandung di dalam gulungan tembakau ini sangatlah banyak dan membuat pecandunya akan terkena berbagai macam penyakit.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada para perokok usia tua, ahli epidemiologi, Dr. Ute Mons dari German Cancer Research Center mengatakan bahwa perokok yang telah meninggal kebanyakan berada di usia 60 tahun atau lebih. Namun studi tersebut lebih dicermati lagi dengan mendapatkan satu orang berhenti merokok. Data menarik ditemukan bahwa dari satu orang itu saja, resiko sudah terlihat menurun.

Bahkan saat seseorang berhenti di usia 60 tahun, resiko terkena penyakit jantung mengalami penurunan. Artinya, mantan perokok telah mengurangi bahaya pada dirinya sendiri meskipun baru berhenti pada usia 60 tahun, seperti yang dikutip dari Biology News (22/04).

Mons dan rekan peneliti lainnya membuat metode alternatif untuk menilai hasil meta-analisis, yakni dengan menghitung jumlah tahun di mana seseorang merokok mempercepat kematian akibat serangan jantung. Hasilnya, mereka menemukan bahwa perokok rata-rata meninggal 5 tahun lebih muda ketimbang orang yang tidak pernah merokok. Sebaliknya, mantan perokok hanya akan selisih dua tahun dengan mereka yang sama sekali tidak pernah merokok.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok meskipun Anda sudah berusia 60 tahun. Setidaknya, ada dua tahun untuk bisa hidup sehat guna melangsungkan aktivitas secara sehat. Meskipun bisa lebih baik jika Anda berhenti merokok sekarang juga. Bagi Anda yang tidak merokok, sebaiknya jangan pernah mencobanya sekalipun.

(ega/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*