Tiga Hari Dikabarkan Hilang,KM Harapan Bersama Ditemukan

KM Harapan Bersama dievakuasi ke Pelabuhan Muaro Padang

Advertisements

     Padang-today.com – Kapal Motor (KM) Harapan Bersama sebelumnya dikabar hilang akhirnya ditemukan di Pulau Pandan,Kota Padang.

    “Tim Sar gabungan menemukan KM Harapan Bersama pada Kami (10/5) sekitar pukul 10.00 WIB WIB di Pulau Pandan,”kata Suri Hamdani salah satu tim ikut pencarian kapal.

    Ia menjelaskan,pencarian kapal dikabarkan hilang berlangsung tiga hari.

    “Ikut pencarian kapal itu yakni Polair, Basarnas,PMI,serta pihak terkait lainnya,”ungkapnya.

     Hal senada dikatakan Kepala Basarnas Padang,Akmal menyatakan, Alhamdulillah KM Harapan Bersama berhasil ditemukan di Pulau Pandan.

    “Informasi dari anggota yang ikut Sar gabungan bahwasanya kapal kargo Harapan Bersama sudah diketahui keberadaannya yaitu dekat pulau pandan yang berjarak lebih kurang 8 mil dari dermaga muara Padang arah ke utara,”katanya.

     Tim gabungan saat ini sudah bersama dengan kapal cargo Harapan Bersama menuju muara Padang.

   “Dari keterangan capt kapal bahwa kapal mati mesin pertama setelah 2 jam berlayar di sebabkan karena selang minyak patah setelah itu 6 jam kemudian selang pembuang kena ejos , mesin di matikan setelah ready di hidupkan kembali ternyata mesin induk tidak bisa di fungsikan lagi,”jelasnya.

Akmal menambahkan  kapal ditemukan oleh KM Mentawai Indah di koordinat 01.04’213″S dan 099.45‘669″ E,  setelah itu menyusul KM Eva dan di tarik oleh km Eva.

  “Keadaan abk di temukan dalam keadaan sehat namun sangat membutuhkan air minum, saat ini kapal kargo Harapan bersama masih dalam perjalanan ke muara Padang,”imbuhnya.

    Sebelumnya KM Harapan Bersama dikabar hilang. Kapal tersebut berangkat  dari Maileppet  Kabupaten Kepuluan Mentawai tujuan Padang pada 7 Mei 2018 Pukul 09.00 WIB. Diperkirakan sampai di Pelabuhan Muara Padang pukul 22.00 WIB. Kapal itu tujuh orang ABK berangkat dari Mentawai membawa kopra dan rotan.

     Komunikasi terakhir pada 7 Mei 2018 pukul 10.00 WIB dalam perjalanan menuju Padang. (*der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*