Tim Pembina Porprov XIV Dibentuk Payakumbuh, Monitoring, Seleksi, dan Rekomendasi Kontingen

Rapat perdana Tim Pembina Porprov XIV 2016 dari Kota Payakumbuh

Rapat perdana Tim Pembina Porprov XIV 2016 dari Kota Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Jelang Pekan Olahraga Provinsi Sumbar XIV tahun 2016 di Kota Padang, Kota Payakumbuh bersiap. Sesuai pesan Walikota Riza Falepi, bahwa prestasi peringkat ke-14 lalu, harus naik ke level yang lebih baik. Pesan ini disikapi oleh Disparpora dan KONI Payakumbuh dengan membentuk Tim Pembina Porprov yang ditugaskan memonitoring, menseleksi, merekomendasi, kontingen.

Tim yang di SK kan oleh Walikota ini mengadakan rapat pertama, di Aula Walikota Bukik Sibaluik, Selasa (12/4/2016) ini dipimpin Kadisparpora Drs Syahnadel Khairi dan Ketua KONI Dedrizal. Menurut Syahnadel Khairi bahwa secara administratif anggaran, kontingen Porprov XIV 2016, yang sampai saat ini belum disepakati jadwal dan waktunya, berkuota 500 orang.

Selaku wadah cabang-cabang olahraga, KONI pun telah menyiapkan tenaga selektor terbaik. Tak semua pengurus KONI yang terlibat. KONI menurut Dedrizal telah merekomendasikan pengurus yang mempunyai ekspertasi atau keahlian di bidang masing-masing yang dibutuhkan untuk memonitoring, menseleksi, dan merekomendasikan kontingen Porprov XIV.

”KONI saat ini menunggu penganggaran pembinaan olahraga yang di APBD 2016 nol rupiah. Kita tunggu, di APBD Perubahan akan disematkan anggaran bagi KONI, kita akan bagikan bagi pembinaan cabang-cabang olahraga yang ikut serta di Porprov,” ujar Dedrizal usai rapat.

Sementara, juga hadir para Kabid KONI; Kabid Perencanaan dan Angggaran H Zurmanuddin MM, Kabid Binpres Zulfahmi Umar, Kabid Organisasi Midra Aldar, Kabid Media dan Humas Dodi Syahputra. Ketua PSSI Payakumbuh Tri Venindra, Ketua PJSI (Judo) AKP Zahari Almi, Ketua Wushu Dafrul Pasi, Komtek Pertina (Tinju) Supratman, Kabid Pemuda dan Olahraga Hadiatul Rahmat, Kabid Perencanaan Disparpora Budi Permana, Kasi Olahraga Prestasi Denithral serta tim Disparpora lainnya.

Usulan Kabid Media dan Humas KONI Kota Payakumbuh Dodi Syahputra agar diadakan latihan gabungan membina fisik dan mental atlet dengan mengundang Doktor-Doktor olahraga yang asal Payakumbuh di FIK UNP direspon positif oleh Pimpinan Rapat. Sementara Zahari Almi memaksudkan agar dibentuk semacam latihan gabungan juga direspon untuk dipertimbangkan.

”Namun, yang pasti kita berikan otonomi seluas-luasnya bagi cabor dan pelatihnya untuk merekomendasikan kepada tim, lalu kita pertimbangkan dan seleksi sehingga menjadi kontingen dengan potensi medali terbaik,” ujar Syahnadel Khairi.

Dedrizal juga menyampaikan agar sistem seleksi dan kompetisi diperbanyak di Payakumbuh. Bisa jadi, lewat rekomendasi dan sponsorship dari Walikota, maka sponsorship akan semakin mudah didapatkan.

Banyaknya pergerakan para tokoh dan bakal calon walikota, dengan mengadakan banyak turnamen, menurut Tri Venindra sangat membantu bagi pencarian bakat atlet. Khusus sepakbola sebagai olahraga terpopuler dan masiv pemain dan penontonnya, sangat terbantu dengan makin giatnya turnamen sponsor ini.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*