Tingkatkan jiwa Nasionalisme, Kesbangpol dan Dandim Gelar outbound

khaidir-baca-sambutan-outbound-4-konsensus dandim-0308-pasang-tanda-peserta-pada-pelajar

Advertisements

Pariaman, Padang-today.com-Memahami empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, sangat penting bagi generasi muda, agar mereka memahami bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki landasan dan pedoman. Selain itu juga, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan dan memperkuat jiwa nasionalisme kalangan muda ditengah gempuran budaya yang berkembang sekarang ini, demikian disampaikan Asisten I Tata Praja Khaidir dalam sambutannya pada acara kegiatan outbound 4 konsesnsus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi generasi muda kota pariaman tahun 2015 yang dilaksanakan oleh dinas kesbangpol kota pariaman bekerjasama dengan dandim 0308 pariaman di pantai kata, minggu (13/9).

Lebih lanjut Khaidir mengatakan di era globalisasi saat ini, kemerdekaan atau kebebasan memiliki makna lebih luas, karena dengan globalisasi berkembang neoliberalisme, neokapitalisme, terjadilah penjajahan dalam bentuk baru, penjajahan dalam bidang ekonomi, dalam bidang politik, dalam bidang sosial budaya dan dalam aspek kehidupan yang lain, karena itu generasi muda perlu untuk selalu mendalami dan berpedoman pada apa itu 4 konsensus dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Dandim 0308 Pariaman Letkol. Inf. Persada Alam dalam sambutannya juga mengatakan perlunya generasi muda untuk menumbuhkan rasa nasionalisme melalui pemahaman dan pengetahuan dalam menjalankan kewajiban sebagai warga negara dengan mempedomani 4 pilar kebangsaan atau yang saat ini dikenal dengan 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Diharapkan melaui sosialisasi dengan metode outbound ini selain menarik dan dapat berekreasi, juga menjadikan kebersamaan dalam keberagaman untuk menuju satu tujuan, yaitu negara yang berdaulat yang diisi oleh generasi muda yang dapat diandalkan, yang kedepan dapat melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa indonesia ini di masa yang akan datang, tukasnya.

Kadis Kesbangpol Kota Pariaman Yusrizal mengatakan acara ini diikuti oleh 500 pelajar utusan dari SMA/SMK yang ada di kota pariaman yang waktu pelaksanaannya telah dimulai pada tanggal 6 september yang lalu. Dengan adanya acara ini diharapkan generasi muda khusunya pelajar dapat memahami tentang arti dan peran mereka terhadap tantangan yang akan dihadapi nantinya, sehingga dapat mewujudkan peningkatan sumber daya sebagai salah satu pilar dalam pembangunan mental untuk generasi yang kuat dan handal. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*