Tingkatkan Keamanan dan Kelancaran Pilkada Satpol PP dan Damkar Adakan Pembentukan dan Pelatihan Satlinmas

Padang Panjang, Padang-Today.com – Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Panjang mengadakan acara Pembentukan dan Pelatihan Satuan Linmas Pengamanan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang di Gedung M. Syafe’i, Kamis (26/4).Acara tersebut dibuka oleh Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM yang diwakili Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, sekaligus mendatangkan narasumber dari Kasat Pol PP dan Damkar Provinsi Sumatera Barat Zul Aliman, SH, MM, Ketua KPU Padang Panjang Jafri Edi Putra serta Ketua Panwaslu, serta hadir Kasat Pol PP dan Damkar Padang Panjang Arkes Refagus, S.Sos bersama jajaran Satpol PP dan Damkar Padang Panjang.

Advertisements

Sonny menyampaikan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) merupakan organisasi yang dibentuk Pemerintah beranggotakan masyarakat, disiapkan dan dibekali keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil terjadinya bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban kemasyarakatan.

“Dengan begitu, peranan Satlinmas sangatlah penting sebagai garda terdepan yang memiliki kedekatan langsung dengan masyarakat, sesuai dengan motto satlinmas 2CT 1CL (Cepat Tanggap, Cepat Tindak dan Cepat Lapor”,” ujar Sonny.

Sementara itu, di Tahun 2018 ini, sama diketahui bahwa beberapa daerah akan melakukan Pilkada serentak, salah satunya Padang Panjang. Pelaksanaan pilkada adalah momentum penting untuk menjamin keberlangsungan Pemerintahan dan pembangunan di Padang Panjang masa akan datang.

“Maka dari itu, peran satlinmas dalam menjaga ketertiban dan kelancaran menjadi kebutuhan mutlak yang tak bisa ditawar lagi demi terwujudnya pilkada yang aman dan bersih,” tambahnya.

Pelaksanaan keamanan pilkada tidak akan berjalan lancar jika tidak ada arahan dan binaan dari Kepolisian, Satpol PP dan Damkar Padang Panjang yang menjadi jalur komando bagi satlinmas yang ada.

Sonny berharap seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya, sehingga dapat memahami tugas dan fungsi linmas tersebut.

“Kami berpesan peserta dapat melaksanakan tugas dan fungsi linmas melalui pemantapan organisasi dan peningkatan kemampuan serta keterampilan secara profesional, meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait, tingkatkan kesiapan dalam membantu keamanan pilkada yang akan berlangsung serta pelihara dan akuntabilitas citra serta penampilan yang baik sebagai Satlinmas,” tutup Sonny.

Sama hal dengan itu, Arkes Refagus menambahkan tujuan dari kegiatan pembentukan pelatihan linmas guna untuk memberikan pemahaman teknik tentang penanganan ketentraman dan ketertiban penyelenggaraan pilkada tahun 2018, serta menciptakan anggota satlinmas yang mampu melakukan pengamatan terhadap gejolak masyarakat pada pilkada tersebut.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari (26 dan 27 April 2018) dengan beranggotakan sebanyak 194 orang peserta.

“Seluruh anggota tersebut merupakan anggota satlinmas dari TPS yang ada di Padang Panjang yakni sebanyak 94 TPS, yang masing-masing TPS diutus dua orang,” jelasnya.

Terakhir, Arkes berharap semoga pilkada tahun ini dapat berjalan dengan lancar, aman, damai dan bersih. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*