Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Pemko Pariaman Gelar Pelatihan P2KKP

Peserta pelatihan.

Peserta pelatihan.

Advertisements

Pariaman,Padangtoday.com-PNPM Kota Pariaman mengadakan kegiatan  Pelatihan Masyarakat  Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP), Selasa, 27 Oktober 2015 bertempat di Ruangan Aula Balaikota Pariaman. Kegiatan ini dibuka langsung oleh  Wakil Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar,MM dan juga dihadiri oleh Satker PKP2B Provinsi Sumatera Barat dan Satker OC 1 KMW Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Walikota menyampaikan bahwa Program PNPM ini membangkitkan jiwa partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan program pembangunan.  Program PNPM juga bertujuan membentuk kader-kader dari tingkat desa/kelurahan agar dapat meningkatkan rasa memiliki terhadap Produk Pembangunan sehingga masyarakat bisa merawat hasil pembangunan tersebut dengan baik.

“ Pola partisipasi mengajak masyarakat ikut serta mulai dari merancang, melakukan, mengawasi dan mengevaluasi produk pembangunan. Program Peningkatan Kualitas Pemukiman (P2KP) bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap kawasan pemukiman kumuh sehingga kawasan tersebut akan tertata lingkungannya menjadi lebih baik kedepannya”.

Peserta Pelatihan  Masyarakat Program P2KKP Tingkat Kota Pariaman terdiri dari  PJL/PJOK PNPM se-Kota Pariaman 8 orang, Koordinator BKM/LKM se-Kota Pariaman 71 orang,  dan UPL/UPS/UPK 3 orang per- Desa/Kelurahan. Sedangkan Narasumber dan Fasilatatornya berasal dari Kepala Satker PKP2B Prov. Sumbar, Tim TKPK Kota Pariaman, OC 1 KMW Prov. Sumbar dan Korkot 05 PNPM Kota Pariaman.

Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan Pelatihan ini adalah Mensosialisasikan Program P2KKP, Meningkatkan pemahaman Aparat Pemerintah Daerah dan Stakeholders serta Membangun kolaborasi dan sinergi Program P2KP dengan program Pemeritah Daerah dalam penanganan kawasan kumuh. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*