Tips Perkenalkan Es Krim Pada Anak Agar Tidak Flu

es krim

es krim

Advertisements

PADANGTODAY.com – Banyak anggapan bahwa mengonsumsi es krim dapat sebabkan batuk dan juga flu. Padahal es krim mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang si kecil.

Sebelum memperkenalkan es krim pada si kecil, ada baiknya perhatikan kondisi tubuh si kecil dengan melihat beberapa hal ini.

1. Sesuaikan umur
Untuk anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya jangan diperkenalkan es krim dulu. Karena susu yang dipakai biasanya susu sapi. Hal ini dapat memungkinkan anak terkena alergi laktosa. Jika usianya sudah 1 tahun, anak sudah siap mencerna laktosa dan boleh mengonsumsi es krim dalam jumlah moderat.

2. Kandungan gula
Es krim yang dijual biasanya mengandung gula. Hal ini kurang baik jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, jika mengonsumsi makanan tinggi kalori dapat sebabkan anak enggan mengonsumsi makanan sehat dan lebih senang menjadi pemilih makanan yang kurang sehat.

3. Alergi
Kacang-kacangan, susu dan bahan pewarna yang dicampurkan ke dalam es krim dapat memicu alergi. Untuk menghindari terjadinya alergi, sebaiknya berikan anak sedikit susu atau olahannya. Jika ada tanda-tanda alergi sebaiknya hentikan dan konsultasi ke dokter.

4. Kandungan nutrisi
Saat masa pertumbuhan, si kecil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan juga mineral. Es krim terbuat dari susu yang dapat menjadi sumber kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang si kecil.

5. Buat es krim sehat
Agar lebih sehat, buat es krim sendiri. Buat saja racikan es krim dengan menggunakan pisang yang dihaluskan dan diberi gagang es krim dan dibekukan. Jika anak tak ada alergi laktosa, Anda dapat mencampurkan dengan cream atau susu agar lebih creamy.

6. Perhatikan kondisi tubuh
Mengonsumsi es krim sebenarnya bukan menjadi penyebab utama terjadinya batuk dan flu. Jika sistem imunitas tubuh si kecil sedang menurun, maka barulah batuk atau flu dapat muncul setelah mengonsumsi es krim.

Untuk itu, usahakan anak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan bauh-buahan agar tubuhnya tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*