Tips Untuk Mengurangi Risiko Stroke

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan telah meningkat saat ini. Beberapa orang bahkan rela mondar-mandir ke klinik untuk menjalani pemeriksaan rutin. Dengan begitu, mereka pun bisa mendeteksi penyakit mereka lebih dini. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi risiko stroke.

1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi jantung. Menurunkan tekanan darah menjadi salah satu solusi untuk mengurangi risiko stroke. Stres dapat meningkatkan tekanan darah, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk terus memonitor tekanan darah Anda secara teratur. Mengurangi konsumsi garam dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kelebihan berat

Kelebihan berat badan bisa memicu obesitas. Dan kondisi tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Maka, Anda harus lebih memperhatikan kebiasaan makanan Anda dan rajin berolahraga.

3. Olahraga secara teratur

Salah satu cara efektif untuk mengurangi stroke adalah dengan berolahraga secara teratur. Ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi risiko terkena stroke.

4. Makan sedikit cokelat

Beberapa studi menunjukkan bahwa makan cokelat lebih dari sekali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga hampir 40%, diabetes sekitar 30%, dan stroke sekitar 30%. Namun, jangan makan cokelat secara berlebihan!

5. Jangan merokok!
Merokok bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke secara signifikan. Dan risiko tersebut juga dimiliki oleh seorang perokok pasif.

6. Pergi ke dokter gigi
Anda mungkin sedang bertanya-tanya tentang apa hubungan antara gigi dan serangan jantung. Memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 24% dan stroke sebesar 13%. Sebab, dokter gigi juga bisa melihat tanda-tanda penyakit jantung – seperti gusi bengkak atau gigi goyah – pada Anda.
(des/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*