TK Istiqlal Lakukan Library Tour ke Perpustakaan Daerah

Murid TK Istiqlal berkunjung ke Perpustakaan daerah

Murid TK Istiqlal berkunjung ke Perpustakaan daerah

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita petik, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan.

Ketika kita mendengar kata perpustakaan, dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak sebuah ruangan. Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita mau memperhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap. Karena setumpuk buku yang diatur di rak sebuah toko buku tidak dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Istiqlal Labuh Basilang kecamatan Payakumbuh Barat Rismaini. S.Pd didampingi salah seorang seorang guru TK setempat Desma Samsi.S.Pd diruang perpustakaan kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Payakumbuh, ketika memboyong murid-muridnya masuk ruang perpustakaan, Rabu (16/9).

Dijelaskannya, kegiatan membawa murid-murid ke perpustakaan daerah sudah belangsung satu bulan lebih pada setiap Kamis atau Rabu bersama orangtuanya masing-masing. Diperpustakaan terlihat anak-anak termotivasi melihat buku-buku, utamanya buku yang bergambar hewan, tumbuh-tumbuhan, kisah nabi-nabi dan cerita lucu lainnya.

Memang anak-anak TK belum bisa membaca, tetapi melihat gambar pada setiap buku, mereka sudah berimajinasi dan berimpropisasi. Diperpustakaan anak-anak tidak saja mencari buku-buku yang mereka senangi, akan tetapi juga diajarkan menyusun buku-buku yang sudah berantakan. Mereka diajari meletakan sesuatu itu pada tempatnya.

Dengan diterimanya kami berkunjung ke perpustakaan daerah ini oleh pihak kantor Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh, merupakan suatu yang bernilai tinggi bagi kami. Sebab diperpustakaan, anak-anak secara spontan langsung bergairah dan sangat betah, seraya membalik-balik beragam buku.

“Untuk itu, ke depannya, kepada Pemko Payakumbuh bersama anggota DPRD secepatnya dibangun kantor Arsip dan Perpustakaan yang reprensetatif yang dilengkapi dengan ruangan yang agak luas, kemudian juga dihalamannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas pengunjung,“ harap Rismaini.

Dalam kesempatan itu, Kasi Perpustakaan daerah Nur Akmal, menyebutkan, kunjungan yang dilakukan oleh kelompok, seperti murid-murid dari TK Istiqlal ini dengan tujuan untuk melihat atau meninjau fasilitas dan layanan perpustakaan secara umum dan sekaligus mempersilahkan membaca buku-buku yang mereka inginkan.

Ketentuan untuk melakukan library tour ke perpustakaan daerah mengirimkan surat permohonan kunjungan lengkap dengan tujuan kunjungan, waktu, dan jumlah peserta, minimal 3 hari sebelum berkunjung dan untuk saat ini jumlah kelompok yang berkunjung ke perpustakaan kita batasi sesuai dengan kondisi ruangan.

Untuk berkunjung ke perpustakaan, surat dapat dikirimkan atau diantar langsung ke kantor Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh. Melakukan kunjungan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh perpustakaan.

“Perpustakaan memang tidak saja untuk tempat membaca buku atau menimba ilmu, akan tetapi juga tempat beraktifitasya bagi seluruh lapisan masyarakat,”jelas Nura nama akrab Nur Akmal.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*