TMMD 101 GELAR SOSIALISASI PENGOLAHAN SAMPAH

Padang-today.com –  Sebanyak 60 orang warga Nagari Sibakur mengikuti kegiatan penyuluhan tentang Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Kantor Wali Nagari Sibakur Senin (9/4/18).

Advertisements

     Hadir dalam acara tersebut Kapten Inf Jufri Danramil 06/Palangki, Roni Sudirman Kabid (PSLB3) Kabupaten Sijunjung. Wali Nagari Sibakur Syafris dubalang Arab.Manca Sesfitra Kepala Jorong Sibakur dan masyarakat.

     “Warga diberi pengetahuan bagaimana pemenfaatan sampah sehingga bisa menambah penghasilan,”kata Kapten Inf Jufri Danramil 06/Palangki.

     Ia menjelaskan,sampah ternyata bisa diolah menjadi barang produktif dengan didaur ulang, bukan sekadar barang yang tidak berguna lagi dan menjadi sumber penyakit.

    “Bagaimana masyarakat mengolahnya (sampah, red.) menjadi pupuk kompos, barang kerajinan, dan sebagainya,”ungkapnya.

   Mengelola sampah dengan baik, melalui program 3R (reduce, reuse, recycle). Tidak hanya itu, lanjut Jufri Program 3R dinilai telah menjadi landasan upaya pengelolaan sampah secara mandiri oleh masyarakat, dalam rangka mengurangi sampah dan mengambil nilai ekonomis dari sampah.

    Jufri menambahkan,kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung sebagai wujud kepedulian dan peran serta TNI dalam memberdayakan masyarakat dan desa bukan hanya menitikberatkan pada kegiatan fisik semata namun juga menyelenggarakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan ceramah serta kegiatan olahraga.

      Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut disampaikan Roni sudirman sebagai narasumber mengatakan bahwa pengelolaan sampah yang baik dilingkungan masing-masing adanya Bank sampah di masing-masing Jorong, agar dapat mengurangi pembuangan sampah cuma-cuma bahkan bisa menambahkan pendapatan dari keluarga misal untuk lebaran tabungannya bisa di ambil.

    “Contohnya bungkusan plastik minyak goreng yang bisa kita buat menjadi tas untuk pergi belanja kepasar,”katanya.

    Selain itu tujuan sosialisasi ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kebijakan pengelolaan persampahan,tentang tempat pengelolaan sampah dengan 3R.

    “Sebagai salah satu langkah kita untuk memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat dengan memberikan berbagai macam cara pengolahan sampah dan barang bekas. Sampah di olah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,”ujar Roni.(*rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*