Tokoh Agama Dan Adat Desak Pemko Latih Kader Khatib dan Imam

Devitra Kabag Humas DPRD Kota Payakumbuh.

Devitra Kabag Humas DPRD Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Khatib dan imam serta tenaga penyelenggara jenazah masih langka di Payakumbuh. Sejumlah tokoh agama dan tokoh adat di kota itu, desak pemko menggelar pelatihan kader khatib, imam dan tenaga penyelenggara jenazah.  Agar di Payakunbuh, makin banyak tenaga yang memilki kemampuan unuk hal dimaksud.

Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Davitra, M.Si di Balaikota di Bukik Sibaluik, menginformasikan, Senin (29/2), pihaknya bersama SKPD terkait,  dalam tahun ini akan mengakomendir aspirasi  tokoh masyrakat itu.” Benar, dalam tahun ini kita sudah menanggarkan kegiatan dimaksud dalam APBD Payakumnuh,” sebutnya.

Dikatakan,  berdasarkan laporan camat, dampak langkanya  imam dan khatib, nyaris penyelenggaraan shalat Jumat jadi terundur, ketika khatib yang dijadwalkan gagal datang ke masjid tersebut, akibat halangan sakit. Penggantinya, dari jemaah yang ada, pun sulit mendapatkannya. Masih untung, ada seorang orang tua lanjut usia yang  bersedia naik mimbar.

Keterangan, Kabag Kesra, ketika kegiatan dimaksud diajukan kepada pimpinan, Walikota Riza Falepi dan DPRD mesresponnya sangat positif. Kita akan jadwalkan pelatihan khatib, imam dan tenaga penyelenggara jenazah itu dapat dilakukan pertengahan tahun ini. Dan pesertanya sangat diharapkan, dari kalangan yang muda-muda.

Di bagian lain,  Davitra juga menginformasikan,  pihaknya juga akan melanjutkan pelatihan adat buat anak nagari di lima kecamatan di Payakumbuh. Sama dengan tahun sebelumnya, pelatihan ini akan mengajak seluruh anak nagari, untuk ikut berpartisipasi, simpulnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*