Tommy Sugiarto, Dua Langkah Ukir Sejarah

Tommy Sugiarto, Pebulutangkis Putra Nomor Satu Indonesia

Tommy Sugiarto, Pebulutangkis Putra Nomor Satu Indonesia

Kopenhagen, PADANGTODAY.com – Pebulutangkis putra utama Indonesia, Tommy Sugiarto tinggal dua langkah lagi untuk mewujudkan impian menjadi juara dunia seperti sang ayah, Icuk Sugiarto yang merupakan Juara Dunia 1983.

Di semifinal Kejuaraan Dunia 2014 ini, Tommy haru mampu melewati hadangan unggulan kedua asal China, Chen Long. Jika lolos ke final, Tommy sudah ditunggu pemenang antara Lee Chong Wei (Malaysia) dan Viktor Axelsen (Denmark).

Dari catatan pertemuan, Tommy dan Chen Long sudah bertemu sebanyak tujuh kali. Dari tujuh pertemuan tersebut, enam di antaranya dimenangkan oleh Chen. Namun, Tommy berhasil memenangkan pertemuan terakhir di kejuaraan Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013. Kala itu Tommy menang dua gim 21-11, 21-18.

“Lawan saya di semifinal memang lebih berat dari babak-babak sebelumnya. Dalam menghadapi Chen, saya harus punya stamina yang kuat. Chen punya serangan-serangan yang bagus sehingga saya juga harus lebih siap mengantisipasi bola,” jelas Tommy kepada Badmintonindonesia.org.

“Saya ingin sekali bisa tampil baik dan bermain semaksimal mungkin, karena saya merupakan salah satu harapan dan saya ingin memenuhi harapan tersebut. Saya juga punya mimpi ingin menjadi juara dunia seperti papa saya,” imbuh pemain binaan klub Pelita Bakrie ini.

Ayah Tommy, Icuk Sugiarto menjadi juara dunia pada 1983 dengan mengalahkan jago Indonesia lainnya saat itu, Liem Swie King. Pertandingan final 1983 itu pernah menjadi pertandingan terbaik abad ini.

Laga antara Tommy dan Chen Long akan berlangsung Sabtu (30/8) di stadion Ballerup Super Arena, pada pukul 17.00 waktu Copenhagen, atau sekitar pukul 22.00 WIB. Tommy menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke semifinal.

Empat wakil mesti terhenti di perempat final yaitu Angga Pratama/Rian Agung Saputro (ganda putra), Praveen Jordan/Debby Susanto (ganda campuran) serta dua ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris. (k/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*