TOTAL HADIAH RP50,JUTA LOMBA PANTUN SPONTAN

Padang-today.com – Dinas Kebudayaan kerjasama dengan PWI Sumbar gelar lomba pantun spontan dalam rangka hari pers nasional 2018.

Advertisements

“Lestarikan nilai seni dan budaya di Sumbar digelar lomba pantun spontan,”kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar,Taufik Efendi di Padang.

Ia menjelaskan,lomba pantun spontan ini ada dua kategori yakni antar wartawan se-Indonesia dan antar SLTA/sederajat se-Sumbar. Khusus untuk tingkat SLTA sudah dua kali digelar ada ribuan naskah pantun masuk ke panitia.

Lomba ini dimulai 15 Desember hingga 15 Januari 2018. Isi pantun berkaitan dengan dunia pers umumbya dan atau HPN 2018 khususnya.

Naskah pantun tidak boleh mengandung unsur sara dan politik,setiap peserta diminta mengirim 10 buah pantun karya sendiri ke email dinas_kebudayaan@sumbarprov.go.id .

“Pantun dikirim harus karya sendiri dan mengikuti kaedah-kaedah berpantun, yaitu 4 baris, dimama 2 baris sampiran dan 2 baris lagi isinya,” jelas Taufik Efendi.

Taufik Efendi menambahkan peserta dari wartawan dan siswa akan diseleksi masing-masing dipilih 17 orang finalis dan finalnya digelar pada 5 Februari2017.

Finalis dari wartawan tidak disediakan biaya transportasi, tapi bagi siswa disediakan Rp100 ribu per peserta.

“Lomba pantun spontan ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari unsur Pers, Akademisi dan Birokrasi, serta juri kehormatan Gubernur Irwan Prayitno yang baru-baru ini mendapat rekor MURI dalam berpantun. Dan, akan dipilih juara 1, 2 dan 3, serta harapan 1, 2 dan 3. Total hadiah disediakan panitia sebesar Rp 50 juta,”imbuhnya.

Sementara itu Irwan Prayitno Gubernur Sumbar menyatakan,lomba pantun ini digagas Dinas Kebudayaan dan PWI Sumbar dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional 2018

Selain untuk memeriahkan (HPN) 2018, acara ini dapat meningkatkan kualitas berbahasa dan bersastra Indonesia dengan berpantun, serta membudayakan pantun dalam masyarakat  dan masyarakat wartawan.

”Mari bersama kita sukseskan agenda HPN 2018 Sumatera Barat”,katanya.

Sisi lain Ketua PWI Sumbar Heranof menyatakan panitia HPN 2018 menyediakan pentas khusus bagi wartawan.

Pentas ini untuk menampilkan seni dan bakat wartawan. Rencana pentas ini dibuat di taman budaya.

“Bagi rekan-rekan media silahkan tunjukan kreatifitas di atas pentas di sediakan panitia,”katanya.

Sebelumnya PWI Sumbar juga mengadakan pameran Pers di Museum Adityawarman Padangg dan masih banyak lagi kegiatan dalam rangka HPN 2018 di Padang.

“Kami mengajak semua rekan-rekan media untuk mensukseskan HPN 2018 di Padang,”imbuh Heranof (der)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*