TP-PKK Kaltim Belajar KB dan Masakan  Minang ke Payakumbuh

Ketua TP PKK Payakumbuh Henny Riza Falepi memberikan sambutan dalam kunjungan studi komparatif dari TP PKK kecamatan Balikpapan Selatan di Pondok Promosi Ngalau Indah

Ketua TP PKK Payakumbuh Henny Riza Falepi memberikan sambutan dalam kunjungan studi komparatif dari TP PKK kecamatan Balikpapan Selatan di Pondok Promosi Ngalau Indah

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sukses TP-PKK  Payakumbuh  meraih sejumlah gelar juara di tingkat nasional, membuat PKK kota ini kian dikenal  di bumi Nusantara ini.  Senin (7/3), giliran TP-PKK Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang berkunjung ke Payakumbuh,  untuk melakukan studi komparatif.

Rombongan tamu dari  Kaltim berjumlah 25 orang itu, dipimpin Ketua TP-PKK Kecamatan Balikpapan Selatan, Hj. Kardinah. Tamu tersebut  diterima Ketua TP-PKK Payakumbuh, Hj. Dy. Henny Riza Falepi, di aula Pondok Promosi, Medan nan Bapaneh Ngalau Indah, bersama Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana, Yummardius. Pertemuan tersebut juga dihadiri  Ketua GOW Hj. Rasyidah Suwandel Mukhtar, serta Tim Penggerak PKK dari lima kecamatan.

Pilihan kunjungan ke Payakumbuh, dikatakan Ketua TP-PKK Kecamatan Balikpapan Selatan, Hj. Kardinah, karena PKK Payakumbuh merupakan kota yang terbilang berhasil dalam memberdayakan TP-PKK dalam kehidupan masyarakatnya. “Terbukti dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh TP-PKK  di tingkat Nasional. Salah satunya Terbaik 3 Nasional dalam PKK-KB KES bidang KB 2015, oleh Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara. Hal ini perlu kami pelajari, apa sih rahasianya?” ujar Kardinah.

Selain itu, kecamatan Balikpapan Selatan, dalam beberapa tahun terakhir beberapa kali masuk nominasi dalam penilaian-penilaian tingkat Nasional. Namun selalu pupus ditingkat akhir. “Karena itu, kami perlu belajar ke Payakumbuh untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh PKK Payakumbuh,” ujar Kardinah lagi.

Kemudian, PKK Payakumbuh juga berhasil keluar sebagai juara pertama dalam Lomba Makanan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman), yang digelar di Palembang, Sumsel, Desember 2015. “Kami ingin juga belajar masakan Minang,” tambah Kardinah.

Menjawab pertanyaan tersebut, ketua TP-PKK Payakumbuh Henny Riza Falepi, menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan oleh kader PKK. “Pada intinya, kami bekerja bersama-sama dalam meraih prestasi ini. Mulai dari kader di tingkat kelurahan, kecamatan, hingga di tingkat kota.

Selain itu, koordinasi yang intens dengan dinas instansi terkait, terus kami lakukan. Alhamdulillah, hasil kerja keras dan kerja bersama tersebut memberikan hasil yang luar biasa. Dimana Payakumbuh meraih prestasi sebagai terbaik 3 Lomba PKK KB Kes tingkat Nasional dibidang KB, dan juara nasional lomba makanan B2SA” kata Henny.

Ditambahkan, TP-PKK melalui kader PKK secara terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program-program yang diusung oleh PKK. Dimana tujuan utama PKK adalah meningkatkan level keluarga menjadi keluarga sejahtera.

“Jadi tidak ada rahasia khusus bagi kami dalam meraih prestasi di tingkat nasional. Kami hanya melakukan apa yang dijelaskan dalam program PKK dalam kehidupan sehari-hari dan secara terus menerus. Sehingga, ketika kami akan mengikuti lomba, baik propinsi maupun nasional, kami tidak kocar kacir dalam mempersiapkan diri. Namun, masih banyak yang harus kami benahi dan pelajari,” kata Henny lagi.

Hal ini juga diamini oleh kepala BPMPKB, Yumardius, yang juga bertindak sebagai Pembina Harian TP PKK Payakumbuh. TP-PKK Payakumbuh akan terus berbenah. “Untuk kedepan, TP-PKK Payakumbuh juga akan terus berbenah dalam memperbaiki dan meningkatkan prestasi. Kita pun juga tidak malu-malu bertanya kepada TP PKK daerah lain yang lebih maju dibidang-bidang lainnya. Mudah-mudahan, kunjungan ini bisa menjadi proses pembelajaran bagi kita semua,” ujar Yumardius. (rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*