Tradisi Juara Berlanjut, KAN Limbukan Terbaik Sumbar

Ketua KAN Limbukan  TH. Dt. Mangiang,  paling kanan, foto bersama dengan Wawako  Suwandel Muchtar dan  Camat Payakumbuh Selatan,  Doni Prayuda.

Ketua KAN Limbukan TH. Dt. Mangiang, paling kanan, foto bersama dengan Wawako Suwandel Muchtar dan Camat Payakumbuh Selatan, Doni Prayuda.(1)

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limbukan,  Kecamatan Payakumbuh Selatan,  berhasil melanjutkan tradisi juara buat Kota Payakumbuh dalam Lomba KAN Berprestasi Tingkat Sumatera Barat.  Setelah tiga KAN lainnya menjadi terbaik Sumatera Barat  dalam empat tahun terakhir, kini giliran KAN Limbukan yang menjadi pemuncak dan dinobatkan sebagai KAN Terbaik Sumatera Barat 2015, dengan mengantongi nilai tertingg 93,8.

Sebagai juara, selain beroleh trofi, KAN Limbukan  juga  mengantongi Tabanas Rp20 juta, plus piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat. Penerimaan trofi, tabanas dan penghargaan itu diterima langsung Ketua KAN Limbukan TH.Dt.Mangiang bersama Bendahara KAN, Suratman Sayuti didampingi Kabag Kesra Sedako Payakumbuh, Devitra, S.Sos, dari Kabiro Binsos Setdaprov, Syahrial, di kantor gubernur di Padang, Rabu (9/9).

Sedangkan peringkat II dan III disusul KAN Palaluar,  Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung dengan jumlah nilai 93,4 dan KAN Koto Tangah Kota Padang dengan jumlah nilai 92,8. Sementara itu, pemenang  IV, V dan VI masing-masing diperoleh KAN Batipuh, Kabupaten Tanah Datar,  dengan nilai 92,2, KAN Tarok,  Kecamatan Baso Kabupaten Agam dan KAN Tandikek,  Kecamatan Patamuan,  Padang Pariaman dengan jumlah nilai 90.

Ketua KAN TH.Dt.Mangiang, ketika dihubungi, Kamis (10/9),  menyebutkan,  keberhasilan yang diperoleh ini adalah berkat kerja keras seluruh pengurus KAN, ninik mamak, bundokanduang serta seluruh anak nagari Limbukan. Penghargaan ini, milik seluruh anak Nagari Limbukan, katanya.

Harapan Dt. Mangiang, semangat kebersamaan yang selama ini sudah terpelihara, mudah-mudahan terus berlanjut dalam membangun nagari. Membangun Nagari yang diharapkan,  adalah dengan membangun ekonomi anak nagari yang berdasar syirkah dengan prinsip syariah. Melestarikan adat istiadat Minang serta meningkatkan peran lembaga adat, untuk mengayomi dan membina mental spritual  anak nagari.

Sementara itu,  Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar ditempat terpisah,  mengungkapkan,  rasa bangganya atas sukses yang raih KAN Limbukan menjadi terbaik Sumbar. Diharapkan, prestasi tersebut akan memotivasi lembaga adat daerah lainnya, untuk berprestasi yang sama tahun-tahun mendatang.

KAN lainnya yang telah mencatat prestasi terbaik tingkat Sumatera Barat, adalah KAN Aur Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan (2014), KAN Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur (2012) dan KAN Koto nan Gadang, sebagai juara II (2013).(rel/dod)

One comment

  1. Sukses ka paj dt. Sati Mangiang dan seluruh masyarakat limbukan serta pak camat dan kabag kesra kota pyk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*