Training Capacity Building

Medan, PADANGTODAY.COM-Jelang Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Cabang Dompet Dhuafa 2015, Dompet Dhuafa melakukan Pelatihan “Training Capacity Building” di regional Jawa dan Sumatera. Untuk regional Sumatera, acara diadakan di Hotel Madina Medan, Senin–Kamis (27–30/10).

Branch Manager, Musfi Yendra, Tim Program, Riko Onki Putra, Bagian Operasional, Fera Zora, dan Tim Penghimpunan dan Komunikasi, Fera Marleni dan Antoni Saputra hadir sebagai utusan dari Dompet Dhuafa Singgalang. Bergabung pula dalam acara tersebut DD Sumut, DD Riau, DD Sumsel, dan DD Jambi.

“Training Capacity building ini dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam pengelolaan cabang Dompet Dhuafa,” terang Direktur Pengembangan Jaringan Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, Rabu (29/10).

Pelatihan yang berlangsung empat hari tersebut memuat materi peningkatan pemahaman terhadap sejarah perjuangan dan value organisasi, peningkatan kemampuan dalam merumuskan mekanisme internalisasi value organisasi, peningkatan kemampuan manajemen organisasi meliputi : Kemampuan mengelola manusia dan Kemampuan mengelola tugas, peningkatan pemahaman terhadap paradigma program dan penghimpunan, peningkatan skill dalam pengelolaan program dan penghimpunan, peningkatan pemahaman dan keahlian dalam membangun sistem mutu kelembagaan, serta peningkatan kemampuan riset dan pengembangan organisasi.

“Keberadaan cabang Dompet Dhuafa memiliki peran strategis guna memasifkan syiar ZISWAF sebagai tema utama Dompet Dhuafa. Seluruh bisnis proses utama lembaga baik penghimpunan, penyaluran dan tata kelola harus dijalankan secara berimbang dan menyeluruh,” papar bambang lagi.

Guna meningkatkan kapasitas kelembagaan cabang, maka diperlukan penguatan–penguatan termasuk di dalamnya penguatan terhadap kapasitas SDM cabang. Untuk itulah divisi pengembangan jaringan dan aliansi Dompet Dhuafa perlu melaksanakan agenda capacity building yang terencana dan kontinu terhadap cabang. (w/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*