Training Relawan Kemanusiaan Bukittinggi

Bukittinggi,padangtoday.com-Bukittinggi Peduli. Merangkul segenap masyarakat setempat yang tanggap isu kemanusiaan, Dompet Dhuafa singgalang adakan Training Relawan Kemanusiaan pada Sabtu dan Minggu (17-18/10).

Advertisements

Pelaksaan agenda secara terbuka dengan membatasi peserta sebanyak 100 orang relawan asal kampus, komunitas, lembaga, dan Media partner Bukittinggi.

“Training ini diadakan dalam rangka peresmian kantor cabang pembantu Dompet Dhuafa Singgalang Bukittinggi, yang telah dilaksanakan Soft Launchingnya pada Ramadhan 1436 H lalu. Kami ingin menghimpun segenap lapisan warga Bukittinggi yang tanggap isu kemanusiaan dan kebencanaan untuk bergabung dan bersinergi membangun umat bersama-sama,” tutur Branch Manager, Musfi Yendra.

Acara yang berlangsung selama dua hari kedepan ini, diadakan dalam bentuk diskusi seputar kebencanaan dan dasar-dasar kegiatan volunteer, melibatkan tiga pembicara senior, yakni Relawan Kemanusiaan Internasional, Bambang Suherman, Volunteer Super DDS, Iskandar, MHI serta Pendiri Green Tourism Institute, Ridwan Tulus. Dan tuan rumah sendiri, Musfi Yendra.

Tempat pelaksanaan kegiatan training, di Istana Bung Hatta, yang kini dikenal sebagai Gedung Triarga Bukittinggi.

Dasar kegiatan ini diadakan berpatok pada peninjauan lapangan bahwa donasi dan penyaluran sebatas material dinilai tidak cukup untuk mengatasi masalah bencana dan kemanusiaan. Diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, yang bisa mengedukasi masyarakat di daerah bencana agar dapat bangkit dan terdidik untuk membangun kembali daerah maupun kerusakan akibat bencana.

“Target training kebencanaan ini nantinya adalah menciptakan komunitas relawan sebagai basis dukungan masyarakat dalam kampanye gerakan kemanusiaan melalui program-program kemanusiaan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan ke depannya oleh Dompet Dhuafa Singgalang,” pungkas Musfi (n/can).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*