Tumpah Ruah, Masyarakat Padang Panjang Sholat Idul Adha di Lapangan Bancahlaweh

Padang Panjang, Padang-Today.com – Meskipun cuaca mendung, tak menyurutkan niat masyarakat Padang Panjang untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1439 H di Lapangan Khatib Sulaiman, Bancah Laweh, Rabu (22/8). Ribuan masyarakat tampak memadati lapangan tersebut, termasuk Wakil Walikota Padang Panjang, dr. H. Mawardi, MKM, Ketua DPRD Dr. H. Novi Hendri SE. M.Si, serta unsur Forkopimda dan OPD.Pada pelaksanaan sholat ied kali ini, yang menjadi Khatib yakni dari Pondok Pesantren Serambi Mekkah Padang Panjang, H. Ade Sehabudin, Lc, sementara yang menjadi Imamnya dari Pondok Pesantren Thawalib Padang Panjang yakni Yassarman, M.Pd.I.

Advertisements

Wakil Walikota Padang Panjang dr. H. Mawardi, MKM saat memberikan sambutan turut menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 H kepada seluruh warga Kota Padang Panjang dan kepada perantau yang merayakan Idul Adha di kampung halaman, Bumi Serambi Mekah.

“Mudah-mudahan Hari Raya Idul Adha ini dapat kita jadikan sebagai pedoman dalam menjalani  roda kehidupan, karena terdapat makna social didalamnya, yakni makna social yang penuh dengan keikhlasan dan kerelaan, sekaligus kecintaan dan kasih sayang serta solidaritas sesama umat,” sebut Mawardi.

Mawardi menambahkan, solidaritas sesama umat akan dapat membangun rasa persaudaraan yang sangat kuat. Dengan itu Ia menghimbau, agar umat muslim semua dapat memperat tali persaudaraan, demi tercipta rasa kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan umat, khususnya masyarakat Kota Padang Panjang.

“Kita dari Pemerintah Kota juga senantiasa mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program kegiatan, baik secara fisik maupun bhatin. Dan dimomen Idul Adha ini, mari kita jadikan sebagai awal dari niat ikhlas kita untuk menuju Padang Panjang nan jaya, aman dan sejahtera,” jelasnya.

Lebih lanjut Mawardi juga berharap, perjalanan haji yang dilaksanakan khususnya oleh masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya berbuah pada kebersihan hati dan kejernihan jiwa, sehingga menghasilkan haji yang mabrur.

Sementara itu, Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kota Padang Panjang Drs H. Gusman Piliang, yang juga Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Panjang menyampaikan, untuk tahun ini jumlah hewan qurban sebanyak 514 Ekor.

“Untuk tahun ini, Alhamdulillah jumlah hewan qurban di Padang Panjang sebanyak 514 ekor, dengan rincian 490 ekor sapi, 24 ekor kambing. Mudah-mudahan ini dapat menambahkan kepedulian kita kepada seluruh umat muslim khususnya di Kota Padang Panjang,” sebutnya.

Gusman Piliang menambahkan, hewan qurban tahun ini, berdasarkan laporan yang masuk dari seluruh panitia yang ada di Kota Padang Panjang, sedikit mengalami penurunan dari tahun 2017 lalu atau 1438 H, yakni pada tahun lalu jumlah hewan qurban sebanyak 518 ekor.

“Penurunannya tidak signifikan, dan hasil jumlah qurban tersebut, berdasarkan laporan yang masuk kekita hingga sore kemarin. Mudah-mudahan tadi pagi jumlah hewan qurban di Padang Panjang bertambah,” sebutnya.

Lebih lanjut Gusman menyampaikan, terkait badai pasir yang terjadi tanah suci kemarin, ia berharap keluarga Jemaah Haji Kota Padang Panjang tidak ada yang cemas dan khawatir. “Kita harap pihak keluarga tidak cemas, Alhamdulillah Jemaah haji Padang Panjang semuanya dalam keadaan aman dan sehat,” pungkasnya seraya menghimbau masyarakat Padang Panjang untuk mendoakan juga warga NTB yang terkena musibah gempa bumi.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*