UEFA Jatuhi Sanksi Kepada Inter dan AS Roma Akibat Pelanggaran FFP

Dua raksasa Italia ini akan menerima sanksi dan denda apabila terbukti telah melanggar kebijakan tersebut.

Dua raksasa Italia ini akan menerima sanksi dan denda apabila terbukti telah melanggar kebijakan tersebut.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-UEFA menjatuhi sanksi kepada Inter Milan dan AS Roma akibat pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Kedua klub asal Italia tersebut harus menanggung denda dan pembatasan jumlah pemain jika tampil di kompetisi antarklub Eropa.

Inter dan Roma terbukti melanggar aturan yang mewajibkan keseimbangan neraca keuangan klub. Alhasil, Inter wajib membayar denda 6 juta euro atau sekitar Rp 88 miliar plus 14 juta euro bila meraup hadiah dari kompetisi Eropa. Sedangkan Roma dijatuhi denda 2 juta euro dan tambahan 4 juta euro.

Selain itu, Inter cuma bisa mendaftarkan 21 pemain andai lolos ke kompetisi antarklub Eropa musim depan, sedangkan Roma hanya dapat jatah 22 pemain. Mereka baru menambah pendaftaran satu pemain pada musim berikutnya. Pendaftaran pemain untuk Serie-A juga dibatasi tergantung neraca setiap jendela transfer.

Hukuman pembatasan jumlah pemain ini baru dicabut pada musim 2017-18 jika Inter mampu mencatat break even point atau defisit maksimal 30 juta euro. Sedangkan pencabutan hukuman Roma sudah bisa dilakukan satu musim lebih cepat.

Bagi Inter, sanksi ini bisa jadi hadangan untuk bursa transfer musim panas. Terlebih, mereka tengah mengincar sejumlah pemain berbanderol mahal seperti Yaya Toure dan Paulo Dybala. Tetapi, CEO Michael Bolingbroke coba memberi garansi.

“Kami sepenuhnya mendukung prinsip yang menggarisbawahi Financial Fair Play dan yakin, rencana bisnis kami akan memastikan klub tetap kompetitif di dalam dan luar lapangan. Dari Presiden Erick Thohir hingga ke bawah ingin memenangi trofi segera. Saya jamin, kami akan melakukan segala usaha untuk mewujudkannya,” papar Bollingbroke.

Selain Inter dan Monaco, ada delapan klub lain yang terkena hukuman serupa, di antaranya AS Monaco, Sporting Lisbon, Besiktas, Lokomotiv Moscow, FC Krasnodar, FC Rostov, Kardemir Karabukspor, dan CSKA Sofia. Besaran denda disesuaikan dengan pelanggaran masing-masing klub.

(GOAL/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*