Upacara Memperingati Hari Pancasila Berbagi, Bersatu dan Berprestasi Teguhkan Pondasi Indonesia

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Kantor Balaikota Padang Panjang, Selasa (5/6). Lahirnya Pancasila bertepatan pada setiap tanggal 1 Juni. Di tahun 2018 ini tema yang diangkat dalam memperingati lahir pancasila yaitu Bersatu, Berbagi dan Berprestasi.Upacara yang diikuti oleh seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah, Unsur Forkopimda, Brimob dan Polri serta kepala OPD dan pejabat lainnya.

Advertisements

Dalam sambutan, Irwan membacakan amanat Presiden Joko Widodo, bahwa Pancasila merupakan pemersatu setiap perbedaan, mulai dari ras, agama, dan budaya.

Pancasila juga berperan sebagai dasar negara dan filsafat yang menjadi tonggak yang kokoh untuk menjadi pondasi Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Rangkaian itu harus selalu kita ingat dan kita dalami semangat dan mendalami rohnya yang merupakan tugas dan tanggung jawab kita memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan, hati serta pikiran kita,” jelasnya.

Sebagai bangsa yang majemuk terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih 17 ribu pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam berbangsa dan bernegara.

“Kita harus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita harus bersatu dalam upaya menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa yang memimpin,” ujarnya.

Dengan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang mau dan jaya. Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita bersatu, Kita berbagi, dan Kita berprestasi.

Dan demi semangat itu pula lah di bulan Ramadhan ini, sesuai tema yang diusung Bersatu, Berbagi dan Berprestasi Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial memberikan bantuan Paket sembako kepada Keluarga Kurang Mampu dan Lanjut Usia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*