Upacara Puncak Hari Infanteri Digelar Meriah di Bukittinggi

Upacara Puncak Hari Infanteri Digelar Meriah di Bukittinggi

Upacara Puncak Hari Infanteri Digelar Meriah di Bukittinggi

Advertisements
Upacara Puncak Hari Infanteri Digelar Meriah di Bukittinggi

Upacara Puncak Hari Infanteri Digelar Meriah di Bukittinggi

Bukittinggi, PADANG-TODAY.com-Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan Brigjen TNI Widagdo Hendro S, pimpin pelaksanaan upacara peringatan hari Infanteri tahun 2015 Kodam I/BB dalam upacara militer yang sangat meriah, kegiatan dipusatkan di Lapangan Wirabraja Makodim 0304/Agam, Sabtu (19/12).

Rangkaian kegiatan hari Infanteri dimulai sejak tanggal 16/12, dengan pelaksanaan Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan titik start di Solok. Melibatkan seluruh satuan Tempur dan Bantuan Tempur se-Kodam I/BB.

Menempuh jarah sejauh 250 km terbagi menjadi 11 etape melintasi 4 wilayah Kabupaten dan 2 wilayah Kota serta finish di Bukittinggi, selain itu kegiatan tambahan dalam rangkaian Hari Juang Kartika. Dilaksanakan juga, sejalan dengan pelaksanaan gerak jalan ini diantaranya, pengobatan gratis, karya bhakti, pemutaran film perjuangan, pembagian seribu paket sembako dan seribu bungkus nasi gratis kepada masyarakat serta berbagai kegiatan Komsos kreatif lainnya.

Hasil penilaian panitia kepada peserta gerak jalan ini keluar sebagai juara Pertama dari Yonif 131/BRS, juara kedua dari Yonif 100/Raider dan juara ke 3 dari Yonif 121/MK, masing-masing mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Untuk Peleton Pengantar juara pertama dari Batalyon Arhanudse 11/Medan dan juara ke 2 dari FKPPI Payakumbuh.

Dalam Amanat tertulisnya Danpussenif TNI-AD Mayor Jendral TNI Prihadi Agus Irianto, yang dibacakan Kasdam I/BB menyampaikan bahwa peran, tugas dan fungsi khususnya TNI-AD tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan masyarakat, oleh karena itu Danpussenif juga mengajak seluruh Prajurit TNI-AD memanfaatkan momentum ini untuk membangun karakter penguatan mentalitas dan jati diri bangsa yang merupakan hal mendasar dalam membangun karakter yang kokoh dan kuat.

Kasdam I/BB dalam sesi wawancara dengan awak media menyampaikan, latar belakang dipusatkannya kegiatan ini di Sumbar dikarenakan Sumbar khsusnya Bukittinggi pernah menjadi Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada masa perjuangan dulu.

Selesai pelaksanaan upacara ditampilkan juga drama kolosal tentang perjuangan Jenderal Sudirman yang melibatkan 250 orang. Pameran Alutsista TNI termasuk alat-alat yang dipergunakan dalam pergerakan PDRI salah satunya Radio besar yang berada di musium perjuangan Bukittinggi yang dulu digunakan untuk menyiarkan ke dunia luar bahwa Republik Indonesia masih ada.

Upacara yang disusun dalam 5 Batalyon Upacara dan bertindak sebagai Danup adalah Danyonif 133/YS Mayor Inf Irvan Yusri ini dihadiri oleh para Asisten Kasdam, para Dan/Ka Sat/Disjan sejajaran Kodam I/BB, Wali Kota Bukittinggi dan Bupati Agam beserta unsur Muspida, Tokoh masyarakat, Sesepuh TNI dan Ormas Kepemudaan serta undangan lainnya.(rel/Penrem 032/Wbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*