UPTD Pengolahan Kulit Padang Panjang Ciptakan Bermacam-Macam Motif Kulit Untuk Tarik Investor

Padang Panjang, Padang-Today.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengolahan Kulit Kota Padang Panjang yang sudah maju dan satu-satunya di Sumatera mengolah bahan kulit mentah hingga bahan kulit jadi.Mulai dari kulit basah, proses pencucian, buang daging sampai kulit awet dan dapat diolah sudah bisa dilakukan di UPTD Kulit Padang Panjang.

Advertisements

UPTD yang terus berbenah dan berusaha meningkatkan hasil kulit dengan kualitas bagus ini ingin menarik investor lebih banyak lagi dan akan mewujudkan Padang Panjang sebagai sentra pengolahan kulit terbesar di Sumatera.

Kepala UPTD Pengolahan Kulit Drs. Herman, MM melalui Staf Pengolahan Kulit Hafyuzar yang biasa di panggil (Mak Etek) menerangkan UPTD Pengolahan Kulit Kota Padang Panjang sudah bisa menghasilkan beberapa varian kulit yang bagus.

“Disini tidak hanya satu macam motif kulit yang kami olah, berbagai model sudah bisa kami ciptakan dan dibuat sedemikian rupa,” ujar mak etek.

Motto dari UPTD kulit adalah melayani perekonomian masyarakat khusus Padang Panjang, apapun kulitnya bisa diolah disini, baik kulit sapi, kambing ular dan lain sebagainya.

Hasil kulit yang ada di Kota Padang Panjang ini tidak kalah dari Daerah lain, karena proses pengolahan yang dilakukan disini sudah bagus dan tentunya sudah dengan peralatan yang memadai, tambah Mak Etek.

Proses penyamakan kulit yang dilakukan selama ini hanya membutuhkan waktu 20 hari, dan kapasitas maksimal kulit yang bisa diolah dalam satu mesin adalah 2 ton bahkan sampai 4 ton.
“Jika pengusaha hanya punya 300 Kg kulit saja, sudah bisa diolah dan nantinya akan mendapatkan hasil 15 lembar kulit jadi,” ujar Mak Etek.

Tahun 2017 kemarin UPTD kulit sudah mencoba mengolah kulit jadi menjadi produk, seperti sepatu, ikat pinggang, dan juga dompet serta tas. Jika ada pengusaha yang ingin melihat produk tersebut sudah disediakan disini.

“Pengusaha dapat langsung menilai dan merasakan bagaimana produk yang telah kami ciptakan, jika ingin mengolah kulit dan menjadikan produk langsung aja kesini,” kata Mak Etek.

Hal senada juga dikatakan Syukra Nesla yang mengatakan, semua pengusaha dapat bergabung dan bekerjasama mengembangkan industry pengolahan kulit. Dengan kemampuan serta SDM yang tersedia UPTD siap melayani permintaan anda.

“Setiap pembuatan kulit kita akan fasilitasi pembuatannya, tetapi harus melalui pengusaha kulit yang ada di Padang Panjang sebagai pemilik kulit, kita hanya mengolah saja sesuai dengan kebutuhan yang bersangkutan”, jelasnya.

“Kami harap UPTD kulit ini semakin berkembang dan banyak investor yang mengolah kulitnya disini,” tutup Mak Etek. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*