Usai Lantik 51 Anggota Panwascam se Kabupaten Padang Pariaman, Sekda Jonpriadi Tegaskan Agar Anggota Dapat Bekerja Sebaik Mungkin

padang-pariaman-menuju-pilkada

Advertisements

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi, SE, MM, meminta kepada anggota Panwascam untuk dapat bersikap independen, dengan tidak memihak kepada siapapun juga. Panwascam diwajibkan bekerja sesuai aturan hukum dan tidak bisa dintervernsi oleh siapapun juga. Karena Panwascam memiliki kewenangan penuh dalam mengawasi semua tahapan pemilu kepala daerah dan kepala daerah, pada tingkat kecamatan.

Penegasan tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Padang Pariaman Jonpriadi, SE, MM, dalam sambutannya, usai pelantikan 51 orang anggota Panwascam se Kabupaten Padang Pariaman Jumat lalu, di aula Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0308 Pariaman.

“ Saudara terpilih setelah melalui seleksi yang cukup ketat yang dilakukan Panwaslu Kabupaten Padang Pariman, untuk itu jalankan tugas saudara sebaik mungkin. Sehingga pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah dan Kepala Daerah di Kabupaten Padang Pariaman dapat berlangsung jujur adil dan transparan,” kata Sekda.

Sedangkan itu Ketua Panwaslu Kabupaten Padang Pariaman Syaiful Al Islami, S.Pd.I mengingatkan kepada seluruh anggota Panwascam setelah dilantik untuk segera tancap gas melaksanakan tugas, karena tahapan pemilu sudah berjalan.

“ Saya memberi waktu kepada Panwascam selama seminggu untuk mempersiapkan tenaga sekretariat untuk membantu tugas-tugas saudara nantinya, kemudian seminggu kemudian bentuk Pengawas Pemilu Lapangan (PPL),” kata alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Burhanuddin Pariaman itu.

Syaiful juga mengingatkan kepada Panwascam, untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab. Karena ini adalah salah satu bentuk pengabdian kepada Negara. Niatkanlah untuk mengabdi, bukan untuk bekerja. “ Saya yakin kawan-kawan Panwascam sudah memahami Tupoksinya masing-masing,” tambah Syaiful Al Islami.

Sementara itu Komisioner Badan Pengawas Pemilu Propinsi Sumatera Barat Armadefa, SH, MH mengatakan, Panwascam adalah ujung tombak pengawasan Pemilu di tingkat kecamatan untuk itu bekerjalah dengan sungguh-sungguh. “ Nanti saudara dalam melaksanakan tugas juga akan dibantuk Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) satu orang setiap nagari/desa, dan satu orang pengawas TPS yang bertugas mengawasi TPS. Bagi Panwascam lama pekerjaan ini tidaklah asing lagi, namun bagi yang baru saya ingatkan untuk terus berkoordinasi dengan Panwaslu Kabupaten Padang Pariaman,” kata Armadefa.

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Riky Pelentino. S.Kom melaporkan, anggota Panwascam terpilih yang sudah dilantik ini melalui seleksi yang cukup ketat. Untuk itu pihaknya berharap dapat melaksanakan tugas dengan sebaiknya-baiknya.

Pada pelantikan yang berlangsung sederhana itu jug dihadiri Kapolres Padang Pariaman, Ketua KPU Padang Pariaman Vifner, Komisioner Panwaslu Padang Pariaman Kepala Kantor Kesbang Yusmanda Muktar serta Camat se Kabupaten Padang Pariaman (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*