Usai Lebaran, Jumlah Penyakit Diprediksi Meningkat

PadangToday.com – Jumlah penyakit usai perayaan Idul Fitri ini diprediksi akan meningkat. Hal itu diduga akibat perubahan pola hidup sebagian besar masyarakat setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes),Kamis (31/7). Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jumlah penyakit yang meningkat biasanya didominasi penyakit diare.

“Diperkirakan ada peningkatakan penyakit akibat perubahan pola hidup, salah satunya adalah diare. Diare bisa diakibatkan akibta perubahan pola hidup, setelah berpuasa selama satu bulan tiba-tiba perut disuguhi dengan makanan yang lebih banyak dari biasanya,”

Adapun untuk anak usia kurang dari satu tahun sebanyak 17,7 persen dan anak usia lima hingga 14 tahun sebanyak 18 persen. Sementara untuk usia di atas 15 tahun sebanyak 39 persen.

Selain itu, untuk mengantisipasi penularan penyakit dari luar daerah, Dinkes memantau kondisi kesehatan pemudik, khususnya yang berasal dari luar jawa.

Hal itu untuk mencegah penyebaran penyakit malaria yang memungkinkan dibawa para pemudik luar jawa. Menurut Sekretaris Dinkes, Sadiyanto, wilayah luar jawa seperti Sumatera dan Kalimantan merupakan wilayah endemis malaria.(sm/ndy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*