Utang Luar Negeri Indonesia Tembus 283 Miliar Dollar AS  

DOLLARJakarta, PADANGTODAY.com – Bank Indonesia (BI) melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Mei 2014 tercatat sebesar 283,7 miliar dollar AS. Angka ini naik 9,7 persen dibandingkan posisi Mei 2013.

“Posisi ULN pada Mei 2014 terdiri dari ULN sektor publik sebesar 132,2 miliar dollar AS dan ULN sektor swasta 151,5 miliar dollar AS. Dengan perkembangan ini, pertumbuhan tahunan ULN pada Mei 2014 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan April 2014 sebesar 7,7 persen (yoy),” tulis BI dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

BI mengungkapkan, peningkatan posisi ULN ini melanjutkan tren pertumbuhan yang terus meningkat sejak Desember 2013. Peningkatan pertumbuhan ULN pada Mei 2014 dipengaruhi oleh peningkatan pertumbuhan ULN sektor publik maupun ULN sektor swasta.

ULN sektor publik tumbuh sebesar 4,1 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 2,2 persem (yoy).

Sementara itu, ULN sektor swasta tumbuh 15,2 persen (yoy), juga meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 13,2 persen (yoy). Pertumbuhan ULN swasta pada Mei 2014 terutama didorong meningkatnya pertumbuhan ULN sektor industri keuangan dan sektor listrik, gas, dan air bersih.

Pertumbuhan ULN sektor keuangan tercatat sebesar 21,2 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 13,2 persen (yoy). BI memandang perkembangan ULN sampai Mei 2014 masih cukup sehat dalam menopang ketahanan sektor eksternal meskipun perlu terus diwaspadai.

“Bank Indonesia akan tetap memantau dan memperkuat kebijakan pengelolaan ULN, khususnya ULN swasta, sehingga ULN dapat berperan secara optimal dalam mendukung pembiayaan pembangunan tanpa menimbulkan risiko stabilitas makroekonomi,” kata BI.(ks/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*