Vaksinasi di Parak Batuang Turut Wujudkan Herd Immunity

Vaksinasi di Parak Batuang Turut Wujudkan Herd Immunity.

Payakumbuh – Upaya Pemko Payakumbuh bersama berbagai unsur, baik TNI, Polri dan lainnya untuk mewujudkan kekebalan komunitas bersama (Herd Immunity) dengan menggiatkan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di berbagai tempat mendapat sambutan dari masyarakat yang tidak bisa datang ke tempat-tempat pelaksanaan Gebyar vaksinasi maupun Puskesmas.

Sebab sejumlah kendala dihadapi oleh masyarakat untuk datang ke lokasi Gebyar Vaksinasi dan Puskesmas yang dinilai cukup jauh dari rumah mereka, apalagi jika harus menunggu giliran atau antrian yang cukup lama, sehingga mereka menjadi jenuh dan memilih kembali pulang ke rumah, hingga akhirnya batal melakukan vaksinasi.

“Sistem vaksinasi door to door, untuk yang tidak bisa pergi sendiri, serta pemberitahuan kerumah-rumah warga agar mendatangi tempat vaksinasi yang dipusatkan dekat rumah warga menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang sebelumnya enggan mendatangi tempat-tempat pelaksanaan Vaksinasi yang jauh dari rumah warga, atau karena warga tidak ingin antri lama,” sebut Ernawati, warga Kelurahan Parak Batuang RT 02 RW 02, Rabu sore 17 November 2021.

Ibu Rumah Tangga yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua itu juga menambahkan, dengan pelaksanaan Vaksinasi yang digelar di Musholla Annur Parak Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat, warga sekitar terlihat lebih antusias, karena tidak perlu menunggu lama dan lebih dekat dari rumah.

Vaksinasi door to door yang digelar di Musholla Annur Kelurahan Parak Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat dimulai pukul 13.30 wib hingga pukul 16.30 wib, dan dihadiri Lurah Parak Batuang H. Ujang Mustafa serta Satgas PPKM Kelurahan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal menyebutkan bahwa masyarakat yang belum di vaksin, bisa memilih jenis vaksin yang diinginkan, baik jenis Sinovac, Pfizer maupun Moderna, namun hal itu tergantung stok yang ada.

” Untuk masyarakat yang belum pernah di vaksin, bisa memilih jenis vaksin yang tersedia. Namun jika telah mengikuti Vaksinasi dosis pertama, tentu untuk vaksinasi lanjutan/dosis kedua harus sesuai ketentuan,” sebutnya baru-baru ini.

dr. Bakhrizal juga mengingatkan agar masyarakat tidak lengah atau abai terhadap Protokol Kesehatan terutama penggunaan Masker, meski Payakumbuh telah berada di level 1 PPKM.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*