VII Koto Talago Resmi Jadi Nagari Cyber, Diresmikan Gubernur, Diharapkan Jadi Pemicu Sumbar Cyber

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Profesor Ganefri

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Profesor Ganefri

Advertisements
Peresmian Nagari Cyber VII Koto Talago

Peresmian Nagari Cyber VII Koto Talago

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di depan Kokoci

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di depan Kokoci

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Bupati Alis Marajo Anggota DPRD Satria Veri dan Pimred Koran Padang Adi Bermasa

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Bupati Alis Marajo Anggota DPRD Satria Veri dan Pimred Koran Padang Adi Bermasa

Gubernur Irwan Prayitno dan Prof Ganefri bersama Lumuik Suliki

Gubernur Irwan Prayitno dan Prof Ganefri bersama Lumuik Suliki

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-”Jika semua sudah sepaham, maka tak ada lagi aral melintang. Semua program akan menjadi sukses dan berjalan dengan baik. SMKN 2 Guguak dan Nagari VII Koto Talago telah menjadi inspirasi kita bersama. Kita siap pula menjadikan Sumbar menjadi provinsi

cyber!” tegas Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno.

Peresmian Nagari Cyber VII Koto Talago dan Axioo Class Program Minggu (15/3) di SMKN 2 Guguak dihadiri dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sembari memotong balon terbang yang ikut diterbangkan oleh Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, Tokoh Masyarajat VII Koto Talago Profesor Ganefri serta Camat Guguak dan Wali Nagari Yodri.

Sejak berdiri 2013 lalu, SMKN 2 Guguak yang dikepalai oleh Drs Andi Dahman MT itu langsung mengebut kemajuan. Awalnya gedung sekolah yang bergabung dengan SMPN 4 Guguak itu, akhirnya diwujudkan jadi SMK saja. Identik SMK ini dengan ICT menjadikan minat calon siswa berjubel setiap tahunnya.

18 kelas yang kini sudah ada, masih belum mencukupi minat belajar yang terus menggebu dari masyarakat. Dalam pidatonya, tokoh masyarakat sukses Prof Ganefri yang kini Kepala Kopertis X, mantan Dekan FT UNP ini telah menjadi jembatan kemajuan di Nagari asalnya ini. VII Koto Talago dengan 7 jorongnya kini telah menjadi nagari cyber berkat kegigihan Prof Ganefri membawakan program ICT ke kampong halamannya.

”Program ini, Nagari Cyber merupakan kelanjutan dari komitmen Kemenkominfo di Padang 2014 lalu. Waktu itu Mentri Tifatul Sembiring memberikan program bagi pengembangan telekomunikasi dan pendampingan pembangunan nagari di VII Koto Talago ini,” papar Ganefri.

Alis Bersyukur

Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo mengakui bahwa tuntutan perkembangan daerah saat ini menuju kemajuan teknologi. Makanya, dengan program e-government yang kini disiapkan di Limapuluh Kota, Alis Marajo sangat merespon positif.

”Saya bersyukur, Pemkab Limapuluh Kota berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan respon positif bagi perkembangan nagari, masyarakat, dan kemajuan daerah ini. Ke depan, program pemerintah menuju konsep e-government kami dukung dan akan kami jadikan keniscayaan kemajuan di daerah ini,” ujar Alis Marajo sembari bercerita tentang Nagari VII Koto Talago yang menjadi salah satu pusat adat di Limapuluh Kota sejak lama.

Perkembangan dunia cyber di Nagari VII Koto Talago ini telah membawa berkah bagi banyak usaha dan kemajuan di VII Koto Talago. Banyak unit usaha masyarakat, yang ikut dipamerkan di lokasi kegiatan peresmian, telah menjual secara online.

”Saat ini, kami bahkan punya pembeli sampai di luar negeri. Komunikasi bahkan secara online. Lewat messenger atau order online pun bisa. Alhamdulillah, program Nagari Cyber ini sangat membantu perkembangan usaha kami di sini,” ujar Zulfayetri yang menggerakkan usaha Rendang Telur Kokoci.

Tokoh masyarakat Amrizal Datuak Patiah, tokoh masyarakat, membacakan doa syukur atas rahmat Allah SWT terhadap VII Koto Talago. Kadinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar, Kadisdik Limapuluh Kota, Kadis Perhubungan dan Kominfo Limapuluh Kota Rasdison, dan pejabat dan tokoh masyarakat Limapuluh Kota lainnya.

Para perantau banyak yang pulang kampung. Magnet menjadi nagari cyber ini, oleh Pimred Harian Koran Padang, H Adi Bermasa ini telah memberikan kelancaran komunikasi kian dekat dengan kampong halaman. Informasi-informasi masyarakat tercepat pun bisa dilihat langsung di www.7kototalago.limapuluhkota.net serta diedukasi oleh SMKN 2 Guguak lewat website www.smkn2guguak.sch.id.

Nagari Cyber ini diterangkan oleh Prof Ganefri seusai kegiatan bersama Kabid Kominfo Limapuluh Kota Ali Hasan, bahwa dengan memanfaatkan ICT dapat menunjang produktifitas hidup. Sebab, segala informasi kehidupan, solusi, dan jawaban segala pertanyaan kini ada di dunia online.

Ali Hasan, selaku Kabid Kominfo juga turut menerangkan bahwa dalam 2015 ini akan dilakukan percepatan program ICT di tubuh pelayanan aparatur di Pemkab Limapuluh Kota. Ali Hasan yang baru kembali dari Jakarta, ke Kementrian Kominfo mendapat dukungan penuh dari Bupati Alis Marajo untuk penerapan ICT di tubuh pemerintahan Limapuluh Kota.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*