Virus Gunpoder Diketahui Berkeliaran Di Tanah Air

ILUSTRASI

ILUSTRASI

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Platform Android dikenal sebagai surganya virus OS mobile, dan anggapan itu ditegaskan sekali lagi dengan penemuan virus ‘Gunpoder’. Celakanya, virus itu diketahui berkeliaran di tanah air.

Menurut laporan pakar keamanan dari Palo Alto Networks, telah ditemukan tiga jenis virus Android yang diberi nama Gunpoder. Virus ini memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data browser pengguna, seperti riwayat pencarian, lalu mengirimkannya ke orang lain (hacker) melalui SMS, Phone Arena (09/07).

Lebih lanjut, virus ini dikatakan Palo Alto menyerang berbagai negara di dunia, seperti Irak, Thailand, India, Afrika Selatan, Rusia, Prancis, Meksiko, Brasil, Arab Saudi, Italia, Amerika, Spanyol, dan tidak ketinggalan Indonesia.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindarinya?

Berdasarkan penelitian, virus Gunpoder disisipkan oleh hacker di emulator game Nintendo, utamanya yang berbayar. Ini tentu kabar buruk, karena di Indonesia banyak gamer yang memakai smartphone mereka untuk memainkan game-game Nintendo DS misalnya dengan memakai emulator.

Oleh sebab itu, Palo Alto menyarankan pengguna gadget Android untuk menghindari download emulator Nintendo yang tidak jelas asal-usulnya. Pertanyaannya, apakah akhir-akhir ini Anda mengunduh emulator Nintendo?

(bbo/uil)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*