Wabup Ferizal Ridwan: MTQ Jangan Beratkan Masyarakat, Gunakan Dana Nagari

Wabup Ferizal Ridwan: MTQ Jangan Beratkan Masyarakat, Gunakan Dana Nagari

Wabup Ferizal Ridwan: MTQ Jangan Beratkan Masyarakat, Gunakan Dana Nagari

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Rajuk Ukhuwah Islamiyah, pupuk cinta AlQuran. Arahan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan juga menyentuh bahwa jadikan AlQuran sebagai koreksi untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan pelayanan terhadap masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh putra Lareh Sago Halaban ini, dalam Pembukaan MTQ Kecamatan Akabiluru di Nagari Suayan, Sabtu (27/2/2016). Ferizal Ridwan juga menekankan kepada seluruh jajaran pemerintah hingga tingkat nagari dan sektor pendidikan untuk tidak lagi membebani masyarakat dengan pungutan untuk sebuah perhelatan MTQ.

“Segala pembiayaan ini dapat kita bebankan ke dana nagari. Sebab, dana desa atau nagari kini mencapai Rp1 milyar. Lewat dana itu regulasi tentang pembagian pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan,” ungkap Ferizal Ridwan.

Sementara itu, Kepala Kemenag H Gusmal Piliang menyampaikan bahwa lomba MTQ yang diselengarakan ini, sudah ada lembaga yang menaungi, yakni Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

“Diperlukan adaptasi beberapa aspek yang sinergis dengan tujuan MTQ, untuk dimusabaqahkan seperti membaca, menghafal, menulis,menafsirkan dan menyampaikan (transformasi) tuntunan AlQuran,” kata Gusman Piliang, putra Kubang ini.

Ketua Panitia Husnaini SSos melaporkan, bahwa MTQ (MusabaqahTilawatil Quran) tingkat Kecamatan Akabiluru, diikuti 7 nagari, melombakan 23 Cabang dengan jumlah peserta 75 orang. MTQ ini berlansung selama 2 hari.

“Pada MTQ tingkatKabupaten Limapuluh Kota lalu di Kapur IX, Kecamatan Akabiluru menempati urutan keempat, denganmeningkatkan prestasi mulai dari kecamatan ke depan akan dapat meraih prestasi lebih baik,” kata Husnaini.

Pembukaan MTQ menampilkan drumband dari SekolahDasar di Akabiluru. Hadir pula anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Marsal, Kakan Kemenag H GusmanPiliang MM, Muspika, Wali Nagari se-kecamatan, tokoh masyarakat/agama dan ratusan masyarakat.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*