Wabup Limapuluh Kota Kunjungi Kubang Balambak

Wabup Asyirwan-Yunus,bercengkrama dengan warga Jorong Kubang Balambak.

Wabup Asyirwan-Yunus,bercengkrama dengan warga Jorong Kubang Balambak.

LIMAPULUH KOTA, PADANGTODAY.COM- Pemimpin itu menepati janji. Keteguhan hati seorang Wakil Bupati Limapuluh Kota ini perlu dipuji. Sikapnya yang selalu menepati janji, terus dibuktikan. 12 September lalu, Asyirwan Yunus berkunjung terkait dengan pengembangan lokasi wisata air terjun Lubuak Bulan yang terletak di Jorong Kubang Balambak Nagari Simpang Kapuak Kecamatan Mungka. Jumat 10 Oktober pekan lalu, Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi kembali menepati janjinya kepada masyarakat. Rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Limapuluh Kota itu bersepeda motor ke Kubang Balambak.

”Air terjun Lubuak bulan ini telanjur sudah mendunia. Potensi ini di skala pariwisata Indonesia, menjadi sektor penting bagi masyarakat kita. Kita akan jadikan destinasi yang terkelola dengan optimal,” ujar Asyirwan Yunus bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir Edward SPi, Kepala Inspektorat Kasman Kasim SH MH, Kepala Dinas Kehutanan dan Pertambangan Ir M Khalid MH, Kepala Dinas Pendidikan Radimas SPd, Kepala BPBD Drs Irfan AM, Kadis Perikanan Ir Refilza, Kadis Kesehatan dr Adel Nofiarman, Kabid Sarana Prasarana Disbudparpora Orlanda ST dan Camat Mungka Ricky Edward SSos. Rombongan menelusuri jalan yang berliku dan penuh tantangan menuju ke lokasi dengan mengendarai 15 buah motor dan 5 buah mobil.

Sampai di lokasi rombongan sudah ditunggu oleh ratusan masyarakat setempat, sesuai dengan harapan masyarakat bahwa akses jalan menuju Jorong Kubang Balambak ini bisa dituntaskan secepatnya karena diketahui jorong ini masih sulit dijangkau baik dengan mobil ataupun motor.

”Disamping harapan untuk akses jalan tersebut ternyata Jorong Kubang Balambak ini mempunyai destinasi wisata yang sangat menakjubkan yakni Air terjun Lubuak Bulan yang tentunya apabila dikelola dengan baik akan mampu mengangkat tingkat pekonomian masyarakat setempat dan menaikkan Pendapatan Asli Daerah kita,” kata Asyirwan Yunus yang cerdas ini.

Selain itu dalam pertemuan dengan masyarakat tersebut Asyirwan Yunus yang mantan guru Matematika ini juga mengingatkan bahwa seandainya Lubuak Bulan ingin dijadikan destinasi wisata maka diharapkan kepada walinagari dan wali jorong serta seluaruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga keasrian lokasi tersebut.

”Saya ingatkan pada kita semua agar jangan mencoret-coret dinding batu disini dan jangan membuang puntung rokok sembarangan, lokasi ini harus kita jaga bersama,” tukas Asyirwan.

Asyirwan Yunus juga mengungkapkan bahwa kedatangannya kembali ke jorong ini sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan beberapa waktu lalu dengan membawa SKPD terkait untuk membicarakan masalah pengembangan potensi yang ada di jorong ini.

”Oleh karena itu,hari ini, saya membawa SKPD terkait untuk melihat dan meninjau mau dan mau diapakan jorong ini untuk ke depannya,” Asyirwan Yunus menjelaskan kepada masyarakat.

Kepala Dinas PU Ir Edward SPi, menyampaikan bahwa rencana pembangunan jalan di Jorong Kubang Balambak ini sudah masuk dalam program pembangunan Limapuluh Kota.

”Jalan yang sedang tahap pengerjaan di Jorong Landai nantinya memang akan menuju ke sini, tapi kita kan terkendala pada anggaran. Mudah-mudahan tahun depan, 2015, pengaspalan jalan dari Jorong Landai menuju ke Jorong Kubang Balambak sudah bisa kita lakukan,” terang Edward.

Terkait pengembangan destinasi wisata, Orlanda ST menyatakan bahwa pengembangannya jelas tidak mungkin dilakukan sekaligus semuanya, tapi dilakukan secara bertahap.

”Mudah-mudahan untuk tahun ini jalan yang curam menuju Air Terjun Lubuak Bulan bisa kita buatkan tangganya dan tepian air terjun yang cukup berbahaya bagi pengunjung akan kita kasih pagar,” kata Orlanda.

Seusai melaksanakan Shalat Jumat berjamaah dan makan bersama dengan masyarakat setempat, rombongan selanjutnya bergerak untuk berkeliling jorong Kubang Balambak untuk melakukan peninjauan jalan dan menuju lokasi Air Terjun Lubuak Bulan.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*