Wagub: PKL Kelok Sembilan Akan Direalokasi Agar Arus Jalan Lancar dan Aman

Padang-today.com – Wakil Gubernur Nasrul Abit menyatakan,  kita akan menata dan kelola kelok sembilan untuk kenyaman dan ketertiban arus jalan terutama menjelang lebaran.

Advertisements

“Pedagang Kaki Lima yang berada di jembatan kelok 9 akan direlokasi pemerintah agar arus jalan lancar dan aman,”kata Nasrul Abit ketika melakukan kunjungan safari Ramadhan Ke Masjid Istiqomah Nagari Lubuak Alai Kecamatan IX Kabupaten Limapuluh Kota.

     Ketentuan menjadikan ruas jalan tempat jualan ini amat bertentangan  dengan aturan lalu lintas (UU No. 22/2009 tentang lalu lintas dan angkuta jalan dan Peraturan Pemerintah No 34 tahun 2006 tentang jalan), Permenhub No.111 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penempatan batas Kecepatan, juga menganggu arus jalan serta merusak keindahan jalan kelok sembilan yang kita banggakan.

“Bangunan jalan Kelok Sembilan tidak bisa menerima beban tetap dan apa yang ada saat ini amat menggangu kelancaran arus transportasi dan sesuatu yang menyalahi aturan.

    Pemrov Sumbar kedepannya bersama Kementrian Pekerjaan Umum akan memperindah dengan membangun menara pandang,  serta membanguan fasilitas lain bagi PKL sebagai kebutuhan wisata dan perkembangan UKM yang lebih baik tertata rapi di Limapuluh Kota.

“Pemerintah provinsi dan kabupaten hanya menjalankan peran dan fungsi sesuai kewenangannya serta juga mencari solusi untuk kemajuan kelok sembilan sebagai salah satu lokasi wisata Sumbar yang cukup menarik dan cantik,” ujar Nasrul Abit

     Oleh karena lanjut Nasrul Abit mohon dukungan masyarakat, para ninik mamak,  bundo kanduang, para  pemuka tokoh, pemuda untuk pelaksanaan kegiatan realokasi PKL kelok sembilan dapat berjalan dengan baik,  aman dan damai oleh “Tim Terpadu” menjelang lebaran ini.

      “Kita berharap pemidahan ini tidak menjadi keributan yang tidak perlu,sehingga harapan pemerintah pusat jalan Kelok Sembilan bebas hambatan,  karena jalan ini merupakan jalan negara  yang menjadikan pengawasan dan perawatan kementrian PU,”imbuhnya.

    Disisi lain, Nasrul Abit memuji masjid istiqamah Lubuak Alai, luar biasa bagus dan bersih, mudah-mudahan ini menandakan masyarakatnya hidup dengan damai dan sejahtera.

Safari Ramadhan tersebut, Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan Rp. 20 juta,  30 Al Qur’an dan 10 kain sarung untuk pengurus masjid.(*rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*