Wakil Gubernur Apresiasi Festival Pagaruyuang Tahun ini

Festival Pagaruyung.

Festival Pagaruyung.

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim Dt sinaro Basa membuka secara resmi Festival Pagaruyung Ke-6 dan apresiasi seni 2014 yang dilaksanakan dipelataran depan lapangan Cinduo mato Batusangkar Rabu, (19/11).

Dihadapan Bupati Tanah datar M.Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, Walikota Padang panjang Henri Arnis, Anggota DPR RI Ny Betty Shadiq Pasadigoe, Undangan dari negeri jiran Malaysia Dt Undang Naning ke-20 dan undangan lainnya, Wagub memukul Tabuh tanda dimulainnya acara festival tersebut.

Rangkaian pembukaan yang dimulai dengan laporan Ketua panitia pelaksana Altri Suandi yang mengungkapkan, tujuan pelaksanaan ferstival dan apresiasi seni ini dengan maksud menumbuhkan rasa cinta pada generasi muda akan budaya dan kekeayaan seni dari Ranah Minangkabu.

“selain itu melalui festival pagaruyung ini diharapkan mampu menarik dan meningkatakan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat umumnya dan Kabupaten Tanah Datar khususnya, kemudian sebagia bahan evaluasi sejauh mana perkembangan budaya dan kesenian Ranah Minangkabau, “Tukas Asisten I ini.

Sementara itu Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe menyebutkan, Festival yang berlangsung ini merupakan satu bukti betapa kayanya seni dan budaya Minangkabau, untuk itu diharapkan mampu menarik minat generasi muda untuk mempelajari khasanah budaya Minangkabau.

“Apresiasi yang tinggi pantas disematkan kepada panitia yang telah berupaya agar festival ini berlangsung meriah dan penuh kesemarakan sehingga gaungnya keman-mana, “Ujar Shadiq.

Wagub Sumatera Barat Muslim Kasim dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya terhadap Pemkab Tanah Datar yang telah menjadi motivator kebangkitan Budaya dan kesenian Minangkabau.

“Melalui Festival ini diharapkan kesenian Minangkabau makin maju dan terus berkembang dan mampu menunjang peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus mengangkat potensi seni lokal yang ada di Kabupaten Tanah Datar dan Propinsi Sumatera Barat, “Ujar Wagub.

“Acara yang berlangsung selama 3 hari berakhir sabtu (22/11), menampilkan perlombaan yang diantarannya Randai, Qasidah rebana, saluang, nyanyi pop minang dan sebagainya. Padfa acara festival ini diikuti oleh peserta dari Aceh dan Malaka serta tim kesenian dari seluruh Provinsi Sumatera Barat, ujar kadis Budparpora Tanah datar Marwan. SE.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*