Wako Pariaman Hadiri Pelantikan Pengurus PKDP Meranti

Waliota Pariaman Mukhlis Rahman Menghadiri Pelantikan PKDP Miranti baru baru ini

Advertisements

Kota Pariaman,Padang-today.com__Walikota Pariaman Mukhlis Rahman beserta rombongan menghadiri acara pelantikan dan pengkuhan pengurus DPD PKDP Kabupaten Kepulauan Meranti di Selat Panjang periode 2016 – 2021 di Gedung Ocean Senin malam,15/1.

Dalam sambutannya Mukhlis Rahman menyampaikan bahwa pentingnya menjalin jembatan hati antara ranah dan rantau.

“Silaturahmi antara kampuang dan rantau penting dijalin. Jembatan hati antara ranah dan rantau adalah modal untuk membangun kampuang”, ungkap Mukhlis Rahman dalam sambutanya.

Ia mengatakan, Orang Piaman yang ada di rantau mesti ikut berpartisipasi membangun kampungnya. Membangun kampuang tidak hanya bisa diwujudkan dengan membantu secara materil saja, namun bisa juga melalui pembangunan non materil.

Misalnya, jelas Mukhlis, mamak menelpon kamanakannya untuk rajin bersekolah, rajin mengaji dan rajin ke surau, ini juga merupakan bentuk pembangunan kemenakan di kampuang. Berarti sudah membantu pemerintah juga, terang Wako dua periode ini dihadapan ribuan masyarakat Piaman di Selat Panjang. Selain itu Mukhlis juga menitipkan masyarakat Meranti asal Piaman kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Irwan.

“Kami atas nama Pemerintah dan Mamak di kampuang menitipkan sanak saudara dan kemenakan kami kepada Bapak Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, karena masyarakat Meranti asal Piaman sudah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dengan masyarakat Meranti sendiri. Kalau tidak dengan binaan Bapak Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, tentu tidak bisa terjadi hal yang seperti malam ini”, katanya.

Suami dari Utiah Reni tersebut juga menghimbau kepada pengurus PKDP Kabupaten Kepulauan Meranti untuk selalu mendukung program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti karena tempat berusaha mencari nafkah dan tentunya tidak melupakan sanak kemenakan di kampung.

Wako juga menginformasikan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti asal Piaman mengenai perkembangan pembangunan di Kota Pariaman.

“Kota Pariaman semenjak berdiri tahun 2002 lalu sudah semakin tacelak. Pariaman kini lah rami, batabuik batambah rami”, terangnya.

Ia menambahkan, pembangunan infrastruktur sudah dilakukan dimana-mana hingga ke pelosok desa jalan pun sudah diaspal. Pembangunan pariwisata juga tidak ketunggalan, sehingga jumlah orang datang ke Pariaman tidak hanya waktu Batabuik saja namun pada hari biasa pun Pariaman sudah ramai oleh pengunjung.

“Sekarang Pemko Pariaman terus bergiat membangun manusianya. Ber agai program telah dijalankan seperti sekolah gratis, bus gratis, kesehatan gratis, magrib mengaji, pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kwalitas SDM masyarakat. Pembangunan manusia adalah pembangunan jangka panjang, sehingga harus terus dilaksanakan pada masa yang akan datang”,tutupnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Irwan sangat mengapresiasi sekali kehadiran PKDP di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Bila mrnetap di Kabupaten Kepulauan Meranti, tentu ada kewajiban berpartisipasi dalam pembangunan di sini”, ungkapnya.

Kepada masyarakat Meranti asal Piaman beliau menghimbau untuk tetap menjaga keamanan, kedamaian dan kesatuan dalam bermasyarakat.

“Kabupaten Kepulauan Meranti adalah daerah pelabuhan sehingga masyarakatnya sangat terbuka dan beragam suku bangsa hidup di pulau ini, sehingga sangat penting menjaga persatuan dan kesatuan serta keamanan di pulau ini”, jelas Bupati Kota Sagu ini.

Ketua DPD PKDP Kabupaten Kepulauan Meranti terpilih Jon Efendi atau lebih dikenal dengan Jon Tex menyatakan terimaksih serta rasa bangganya kepada tamu dan undangan yang hadir karena baru kali ini pelantikan dan pengkuhan pengurus PKDP yang dihadiri langsung oleh Walikota Pariaman dan Wakil Bupati Padang Pariaman.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Yulian Norwis, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Pembina PKDP pusat James Nazmi, DPW Provinsi Riau Herman Nazar, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Fokopimda Kabupten Kepulauan Meranti. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*