Wako Sambut Rombongan ENO School Finlandia dan YARI International School

Pariaman,Padangtoday.com-Berkunjung ke Kota Pariaman, para pelajar, guru dan orangtua murid yang berasal dari Finlandia ini, secara tidak langsung akan menjadi duta wisata bagi Kota Pariaman, dengan menceritakan tentang kebudayaan dan kepariwisataan baik pantai dan pulau serta wahana bawah airnya ke negaranya dan Negara lain di Eropa, demikian disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Silaturahmi dan Temu Ramah YARI International School dan rombongan dari ENO School Finlandia di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jum’at malam (6/11).

Advertisements

Lebih lanjut Mukhlis Rahman juga mengucapkan selamat datang bagi rombongan yang datang, baik dari ENO School Finlandia maupun Yayasan Anak Republik Indonesia (Yari) International School yang ada di Padang. Semoga selama di Kota Pariaman mendapat kesan yang baik, mulai dari kuliner, pantai, pulau dan kesenian serta kebudayaan yang disaksikan selama berada di Kota Pariaman. Dengan lebih banyak wisatawan asing yang datang, akan menjadi bahan rekomendasi bagi teman-teman dan keluarganya yang lain di Negara asalnya dalam mempromosikan Kota Pariaman.

Ketua YARI International School mengatakan, awal berdirinya YARI dimulai di tahun 2002 dengan dibukanya sekolah Playground dan TK. Seiring dengan berjalannya waktu sekolah ini berkembang saat ini sampai ke jenjang SMA, dan telah menjalin Partnership dengan Negara Jerman dan Finlandia yang telah dimulai sejak tahun 2011. Saat ini kami membawa rombongan dari ENO School Finlandia untuk pertama kalinya ke Indonesia dan kami perkenalkan dengan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan, sehingga diharapkan dapat membawa manfaat bagi tingkat kunjungan Wisatawan Asing yang berkunjung ke Kota Tabuik ini.

Saat ini Finlandia adalah sebagai Negara dengan pendidikan terbaik di dunia, ini dibuktikan dengan banyaknya pelajar yang belajar dan sukses disana. Kalau di Finlandia kelulusan itu bukan berdasarkan Ujian tetapi Prosesnya, sehingga yang dibentuk adalah karakter siswa yang mandiri dan siap bersaing dengan kebutuhan pasar dunia. Rombongan dari ENO School Finlandia ini terdiri dari 8 orang murid/pelajar, 2 orang guru dan 2 orangtua murid yang mengikuti program ini. Sedangkan dari YARI International School ada 10 pelajar dan saya sendiri selaku Ketua Yayasan.

“Jadi selain belajar kami juga mengajak siswa berwisata dan mengenal Negara lain, dan saat ini kami mengenalkan Kota Pariaman.Sedangkan dalam sambutan salahsatu guru dari ENO School Finlandia Urpo Ahlholm mengatakan sangat berkesan sekali dengan Kuliner dan Kesenian yang mereka lihat di acara Silaturahmi dan Temu Ramah YARI International School dan rombongan dari ENO School Finlandia ini. Perjalanan ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi kami, mulai dari melihat pemandangan Pantai dan Pulau yang indah, sampai kegiatan melepas penyu ke laut lepas yang akan menjadi moment yang tak terlupakan. Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Pariaman yang dengan baik menerima kami,” ujarnya.
Acara Silaturahmi dan Temu Ramah YARI International School dan rombongan dari ENO School Finlandia, dimulai dengan jamuan makan malam, dan dilanjutkan dengan Penampilan Seni dari Sanggar Mustika Minang Duo yang menampilkan tari pasambahan dan tari indang. Acara ini dihadiri juga oleh Anggota DPRD Sumatera Barat Zalman Zaunit, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Dafreni Muklis, Anggota DPRD kota Pariaman Fitrinora, Ketua Dharmawanita Ny. Afni Armen, Kepala SKPD, Komisioner KPU dan tamu undangan lainya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*