Walaupun Ada Gugatan Ke Pengadilan Terkait Kepemilikan Tanah, Pemda Tetap Lanjutkan Pembangunan Gedung

 

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Asisten III Bidang Administrasi Umum, Mulyadi didampingi Kabag Humas, Syatria mengatakan, permasalahan tanah yang berada di samping gedung DPRD Agam yang saat ini dibangun gedung Bappeda dan Inspektorat secara hukum sudah sah milik pemerintah daerah Kabupaten Agam, berdasarkan sertifikan yang dikeluarkan oleh BPN. Kalau pun ada kaum maupun ahli waris mempermasalahkan itu sah-sah saja.

“Adanya Pendaftaran gugatan perdata oleh kaum Dt Rajo Marah ke Pengadilan tidak akan mempengaruhi pembangunan gedung baru di atas tanah Pemda yang disengketakan. Pemerintah Kabupaten Agam, namun kita menghargai pengajuan gugatan kaum Dt Rajo Marah ke PN Lubukbasung tetapi pembangunan tetap di lanjutkan” ujar sisten III Bidang Administrasi Umum, Mulyadi, Selasa (24/2).

Sengketa Pemda dengan kaum Rajo Marah sudah cukup lama terjadi. Adanya pengajuan ke Pengadilan yang dilakukan oleh kaum Dt Rajo Marah merupakan bukan kali yang pertama terjadi. Sebelumnya gugutan sudah diajukan sebanyak dua kali, dengan putusan pengadilan. Namun pemerintah memiliki surat kepemilikan yang sah.

Mulyadi menambahkan, jika pihak keluarga kembali mengajukan gugatan itu merupakan hak mereka sebagai warga Negara. Pemerintah tidak akan melakukan intervensi, akan tetapi sampai saat ini pemerintah belum menerima surat pemberitahuan resmi dari Pengadilan Negeri Lubukbasung.

Diajukannya gugatan kembali oleh pihak kaum rajo Marah tidak akan mempengaruhi proses pembangunan. Pada lokasi itu pemerintah berencana akan membangun gedung baru Bappeda, dan Inspektorat. Pemeritah memiliki dasar hukum yang kuat untuk melakukan pembangunan.

“Terkait pihak keluarga mengajukan kembali gugatannya ke Pengadilan, kita telah mendengar kabar tersebut, akan tetapi Pemda belum menerima surat dari PN Lubukbasung. Jika permasalahan perdata itu kembali masuk ranah hukum pemda akan membuat tim dan menunjuk kuasa hukum,” terang Mulyadi.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*