Walikota: Bencana Berdampak Kemiskinan, BPBD Payakumbuh Sosialisasi

Penanganan Bencana terus dilatih oleh BPBD Payakumbuh. Mengurangi dampak kebencanaan.

Penanganan Bencana terus dilatih oleh BPBD Payakumbuh. Mengurangi dampak kebencanaan.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-”Bencana  timbul disebabkan oleh alam maupun  manusia akan berdampak kemiskinan bagi masyarakat. Sebab, contoh kecil saja kebakaran yang terjadi pada perumahan masyarakat akan berdampak kepada kemiskinan.”

Walikota Payakumbuh diwakili Asisten 1 Setdako Yoherman SH SSos ketika memberikan sambutan di hadapan peserta sosialisasi daerah rawan bencana Kota Payakumbuh yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Payakumbuh di Aula BPBD yang dihadiri nara sumber Kabid Pencegahan Dan Kesipa Siagaan BPBD Sumbar, Kamis (13/8) lalu.

Selanjutnya, ”Pak Yo” panggilan akrab Asisten 1 Payakumbuh ini mengatakan kegiatan sosialisasi ini memang sangat dibutuhkan  masyarakat. Melalui sosialisasi ini masyarakat kita akan lebih mengerti dampak yang ditimbulkan oleh bencana tersebut. Kalau masyarakat sudah mengerti tentu kerugian harta ataupun nyawa akan dapat diminimalkan.

Harapan Walikota, agar masyarakat dapat menjaga lingkungannya dari berbagai hal yang akan menimbulkan bencana. Karena bencana yang ditimbulkan oleh alam maupun yang diakibat oleh manusia tentu akan membawa dampak kerugian yang besar di tengah-tengah masyarakat dan akhirnya membawa masyarakat kita kepada kemiskinan.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Payakumbuh Yufnani Away dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasai daerah rawan bencana ini diikuti oleh anggota Karang Taruna se-Kota Payakumbuh, yang tujuannya untuk memberi pemahaman tentang kebencanaan bagi generasi muda kita.

Kemudian secara estapet peserta ini nantinya akan menyampaikan kepada masyarakat tentang proteksi diri terhadap bencana. Anggota Karang Taruna adalah wadah generasi muda di kampung-kampung yang mempunyai semangat tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat.

Makanya BPBD Kota Payakumbuh, untuk tahap sekarang memberikan sosialisasi kepada generasi muda. Di samping itu Yufnani juga melaporkan kepada walikota bahwa BPBD Kota Paykumbuh meraih juara dua dalam penataan aset logistik tingkat Sumatera Barat, yang piagamnya diserahkan oleh Kalaksa BPBD Provinsi Sumatera Barat pada Rakor BPBD se-Sumatera Barat di Gedung LPMP Padang, (6/8) lalu.

Sedangkan untuk urutan satu diraih oleh  Kabupaten Tanah Datar dan tempat ketiga diraih oleh Agam dan Padang Pariaman.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*