Walikota, Lansia Mitra Kerja Penggerak Pembangunan

Wako Riza Falepi memberikan selamat kepada Wawako Suwandel Mukhtar yang dipilih sebagai Ketum Komda Lansia Kota Payakumbuh usai dilantik bersama pengurus lainnya

Wako Riza Falepi memberikan selamat kepada Wawako Suwandel Mukhtar yang dipilih sebagai Ketum Komda Lansia Kota Payakumbuh usai dilantik bersama pengurus lainnya

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi menegaskan, sukses pembangunan di Payakumbuh tak lepas dari peran orang tua atau lanjut usia (Lansia). Keberadaan para Lansia bukan sekedar penghormatan, namun diakui sebagai mitra kerja untuk menggerakkan pembangunan, dalam memacu kesejahteraan masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Riza Falepi, dalam sambutannya usai melantik pengurus Komda Lansia Payakumbuh, periode 2015-2019 dan Komwil Lansia Kecamatan, dalam acara di aula Balaikota di Bukik Sibaluik, Kamis (25/2). Komda Lansia Payakumbuh itu, langsung dipimpin Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar sebagai ketua umumnya dan dr. H. Iskandar Zulkarnain sebagai ketua pelaksananya.

Pelantikan pengurus Komda Lansia Payakumbuh  dan Komwil Lansia Kecamatan,  dihadiri Komnas Lansia Pusat, diwakili Ketua Pokja II  dr. Revti Irwan dan  Komda Lansia Sumbar diwakili Drs. Nurdin,   Wawako H. Suwandel Muchtar, Asisten III Iqbal Bermawi, Ketua GOW Hj.  Rasyidah Suwandel Muchtar, Kabag Kesra Setdako Davitra, pimpinan SKPD,  Kepala BPJS Dahidin dan sejumlah undangan lainnya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menyatakan, pemko akan terus bergandengan tangan   dengan Lansia, untuk membangun negeri ini. Fasilitas buat Lansia akan lebih menjadi perhatian pemko. “Saya akan lebih termotivasi membangun kota ini bersama Lansia. Karena Lansia Payakumbuh sangat energik dan kreatif,” sebutnya.

Di bagian lain,  walikota juga meminta para Lansia, untuk selalu membimbing,   mengayomi  dan menasihati orang muda kota ini, untuk tidak terseret dengan hal-hal yang neqatif. “Kami butuh perhatian dan nasehat dari orang tua,” kata walikota.

Sementara itu, Ketua Pokja Komnas Lansia Pusat, disampaikan Ketua Pokja, Revti Irwan, mengapresiasi Komda Lansia Payakumbuh yang sangat kreatif dan inovatis sejak dipimpin mantan ketua sebelumnya H. Syamsuar BA yang kini menjadi penasehat Komda Lansia  Payakumbuh. “Komnas Lansia selalu memantau perkembangan Komda Lansia di seluruh provinsi, dan Payakumbuh termasuk yang terbaik di Indonesia,” katanya.

Komnas Lansia meminta, pemko untuk memberikan fasilitas lebih baik lagi kepada Komda Lansia, dengan membangun taman Lansia di kota ini. Di negara yang makin tinggi harapan hidupnya, jumlah lansia akan bertambah, dan seyogianya menjadi perhatian serius pemko dalam memberikan fasilitasnya, sebut Revti.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, H. Abdul Gafar, sebagai pengurus Komda Lansia Sumbar,  diwakili  Nurdin,  menjanjikan akan terus membantu Lansia Payakumbuh dengan berbagai program kegiatan pemberdayaan Lansia.

Pengurus Komda Lansia Payakumbuh yang dilantik itu terdiri dari Ketua Umum Wakil Walikota Payakumbuh Drs. H. Suwandel Wakil Ketua I/II/III, Kadis Sosial Naker, Kadiskes dan Kabag Kesra. Ketua Pelaksana dr. H. Iskandar Zulkarnain, Sekum H. Helmi. Sekretaris I/II/III Amrizal Jufri, Kabid Pelayanan dan Rehab  Sosial dan Kabid Kesga Dinkes. Sementara, bendahara Wirman dari Bagian Kesra Setdako Payakumbuh.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*