Walikota Padang Raih Penghargaan Nominator Nirwasita Tantra Award 2016

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini diterima Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo, Jumat (26/6).

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini diterima Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo, Jumat (26/6).

Padang, PADANG-TODAY.com– Walikota Padang kembali meraih penghargaan tahun ini. Usai beberapa rangkaian penghargaan sebelumnya, kali ini Walikota Padang meraih penghargaan nominator Nirwasita Tantra Award 2016.

Dipilihnya Walikota Padang sebagai nominator penerima penghargaan tersebut sebab dinilai mampu mengelola lingkungan hidup dengan baik. Lebih lagi, Walikota Padang dipandang sebagai kepala daerah yang mengeluarkan kebijakan berwawasan lingkungan dan mendukung program kota hijau yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini diterima Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo, Jumat (26/6). Penghargaan tersebut diantarkan langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data Pusat Data dan Infromasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Rita Zahara ke “palanta” kediaman Walikota Padang di jalan A Yani Padang.

Usai menerima piagam tersebut, Walikota Padang mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Kementerian LH dan Kehutanan telah menetapkan kita sebagai nominator penerima
Nirwasita Tantra Award 2016. Hari ini kita mendapatkan piagam penghargaan karena telah lolos penilaian,” ungkap Mahyeldi didampingi Kepala Bapedalda Edi Hasymi, Kabag Humas dan Protokol Mursalim, serta Kabid Wasdal Bapedalda Titin Masfetrin.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Data Pusat Data dan Infromasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Rita Zahara mengatakan penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi kepada Kota Padang. Penghargaan itu, dijelaskannya, dalam bidang lingkungan hidup yaitu Satuan Lingkungan Hidup Daerah (SLHD).

“SLHD itu dulu tidak ada brand-nya. Kemudian kita buatkan, sehingga kami beri nama Nirwasita Tantra Award,” ujarnya.

Dalam penilaian Nirwasita Tantra Award 2016, ditambahkan Rita, terdapat empat tahapan yang mesti dilalui. Untuk penilaian terakhir yakni komitmen Kepala Daerah dalam melaksanakan program yang berwawasan lingkungan.

“Penilaian ini sudah final dan Kota Padang termasuk salah satu nominator penerima,” terangnya.

Menurut Rita, untuk wilayah Indonesia, hanya terpilih 12 kota yang menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award. Ini untuk kali pertama diluncurkan oleh KLHK RI di tahun 2016.

“Untuk Sumatera Barat, kategori kota yang menerima penghargaan ini adalah Kota Pariaman dan Kota Padang,” ulasnya.

Disampaikannya, dalam perencanaan seluruh nominator Nirwasita Tantra Award 2016 akan hadir pada rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Siak, Riau, 23 Juli mendatang. Presiden RI, Joko Widodo akan menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada seluruh pemenang.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*