Walikota Pariaman Lepas Longmarch Peringatan Hari AIDS

Pariaman,PADANGTODAY.COM- Dengan terus melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman tentang HIV/AIDS kepada masyarakat, diharapkan dapat mengantisipasi penyebarannya di kalangan muda dan di masyarakat Kota Pariaman.

Advertisements

Demikian disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam Longmarch Peringatan Hari AIDS se Dunia tahun 2015 tingkat Kota Pariaman di halaman Balaikota Pariaman, Selasa (1/12).

Mukhlis Rahman menjelaskan, perlunya tindakan nyata dari seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sudah menjadi suatu keharusan. Diperlukan aksi sosialisasi ke seluruh kelompok beresiko, baik resiko rendah dan resiko tinggi yang disertai dengan aksi nyata, dengan melakukan penyadaran dan pemahaman tentang HIV/AIDS kepada masyarakat resiko rendah dan tindakan medis serta pendekatan perilaku bagi kelompok resiko tinggi yang dilakukan secara pararel.

“Pondasi awal yang harus dibangun dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS adalah dengan membangun kembali keimanan dan ketaqwaan sebagai benteng moral bagi seluruh masyarakat, karena keberkahan dan keselamatan akan datang dari langit dan bumi apabila masyarakat beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, “ terang Mukhlis Rahman.

Acara dilanjutkan dengan penyematan pita merah dan penandatanganan oleh Walikota diikuti oleh peserta lainnya. Longmarch ini mulai dari Balaikota Pariaman sampai Pantai Gandoriah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Yutriadi Rivai mengatakan berdasarkan laporan yang ada, sejak tahun 2002 sampai tahun 2014 terdapat 5 kasus HIV dan 28 Kasus AIDS dengan korban yang meninggal dunia sebanyak 6 orang yang keseluruhan penderita AIDS bukan asli Pariaman tetapi perantau yang mendapat penyakit ini dari luar kemudian pulang ke Kota Pariaman. Saat ini Kota Pariaman menempati peringkat 8 di tingkat Sumatera Barat, naik dari tahun sebelumnya di peringkat ke 5. Penderita HIV/AIDS di Sumbar sudah mencapai 100 ribu lebih dengan pelaku Homosexual sebanyak 5000 orang, angka yang sangat memprihatinkan untuk ranah minang. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*