Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi Pimpin Upacara Harkitnas

Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi memberi sambutan dalam upacara Harkitnas 2016 di halaman Balai Kota, Jumat (20/5)..

Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi memberi sambutan dalam upacara Harkitnas 2016 di halaman Balai Kota, Jumat (20/5)..

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 108 Tahun 2016 di Kota Payakumbuh turut  diperingati. Sebuah upacara bendera diselenggarakan bertempat di halaman Balai Kota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jumat (20/5).  Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat tertulis Menteri Kominfo RI Rudiantara.

Upacara yang diikuti oleh pelajar, PNS, TNI, Anggota Dishubkominfo tersebut berlangsung khitmad, tertib dan lancar. Upacara juga dihadiri oleh Kapolresta Payakumbuh AKBP Kuswoto,S.Ik, Wakil Ketua DPRD Suparman, Sekdako Benni Warlis,  Unsur  Forkopimda, Kepala BNN AKBP Firdaus, Asisten II Amriul, Asisten III Iqbal Bermawi, pimpinan SKPD, camat dan undangan lainnya.

Menteri Kominfo Rudiantara dalam amanatnya menyebutkan salah satu inspirasi yang bisa diserap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, berjiwa nasionalisme kebangsaan, serta memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

“Perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo tersebut kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 yang kemudian melahirkan Soempah Pemuda. Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945,” ujar H. Riza.

Walikota H. Riza juga menyampaikan harapan akan perwujudan semangat Trisakti.

“Diharapkan, semoga peringatan  hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbaruhi semangat Trisakti, berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini insya Allah akan membawa bangsa mengalami kebangkitan. Menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional,” pungkasnya.

Usai upacara, Walikota mengajak seluruh warga kota, untuk memaknai semangat Harkitnas secara dalam, terutama dalam membentuk kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama dan budaya Minangkabau.

“Meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan Payakumbuh yang lebih maju ke depan. Semangat kebersamaan sangat menentukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” simpulnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*