Walikota Riza Falepi Resmikan Gedung BPJS Kesehatan Payakumbuh

Kepala Devisi Regional II menandatangani prasasti peresmian gedung baru BPJS Cabang Payakumbuh, Kamis.

Kepala Devisi Regional II menandatangani prasasti peresmian gedung baru BPJS Cabang Payakumbuh, Kamis.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh Riza Falepi meresmikan pemakaian Gedung baru BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh di Jalan Ade Irma Suryani , Kamis (18/2). Peresmian gedung yang cukup megah dan refresentatif itu ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional II Pekanbaru Benjamin Saut dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Walikota.

Turut hadir selain Walikota dan Kepala Divisi Regional Unsur Forkopimda, DPRD, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Dahidin beserta Karyawan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Padang Fachrulrozi, Kepala BPJS Cabang Solok  Dwi Kurnia, Pimpinan BUMN/BUMD dan sejumlah undangan lainnya.

Kepala BPJS Cabang Payakumbuh Dahidin yang juga selaku Panitia pelaksana menyebutkan pembangunan gedung BPJS Cabang Payakumbuh ini dimulai sejak awal Juni 2015 lalu menelan dana yang bersumber dari BPJS Kesehatan sebesar Rp.5,3 M.

”Gedung tersebut berlantai II dengan luas tanah 962 M2 dan total luas bangunan yaitu 897,60 M2 terdiri dari Lantai I 445,50 M2 dan lantai II 452 M2,” ujar Dahidin

Lebih jauh Dahidin menjelaskan Profil BPJS Kesehatan Payakumbuh mempunyai 3 wilayah kerjanya  yaitu Kota Payakumbuh, Kab.Lima Puluh Kota dan Kab.Tanah Datar, jumlah penduduk dari ketiga wilayah itu adalah 856.165 jiwa yang baru terdaftar sebagai peserta BPJS sebanyak 517.656 jiwa atau sekitar 60,46  persen.

Sementara untuk Kota Payakumbuh dengan jumlah penduduk 127.021 jiwa, jumlah peserta 103.430 atau sekitar 81,43  persen sementara yang belum bergabung 18,57  persen dan selanjutnya Dahidin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran mulai dari proses perizinan hingga pelaksanaan sampai pembangunannya rampung dan dengan adanya gedung baru ini kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, pungkas Dahidin.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi ketika memberikan sambutannya mengucapkan selamat dan bahagia atas dibangunnya gedung baru dengan cakupan layanan tiga daerah dan tentunya pelayanannya akan semakin tinggi dengan kemudahan akses selain itu juga memberikan kesejukan dan semangat bekerja bagi Karyawan BPJS.

Dikatakan Walikota di Payakumbuh punya layanan Puskesmas yang sudah terakreditasi dan komitmen pemko melalui jajaran kesehatan terhadap pelayanan cukup tinggi dengan predikat sebagai Kota Sehat kita bertekat mempertahankan standar kesehatan, saat ini diakui sebagian kecil masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya jaminan kesehatan dan ini akan terus disosialisaikan kepada masyarakat kedepan ditargetkan 100  persen warga memiliki jaminan kesehatan, terakhir Walikota mengucapkan terima kasih pada BPJS atas kerjasama yang baik selama ini dan mari kita pertahankan terus.

Sementara itu Kepala Divisi Regional II Benjamin Saut mengatakan sinergi BPJS dengan Dinas Kesehatan beserta jajarannya berjalan lancar dan BPJS berkomitmen memberikan pelayanannya kepada masyarakat dan dengan gedung baru ini kapasitas pelayanan akan mampu melayanai 150 orang/hari disamping itu kita juga menyediakan Pos Pengaduan distribusi dan pelayanan.

Di bagian lain Benjamin juga memberikan apresiasi pada warga Sumbar yang mempunyai komitmen yang tinggi terhadap jaminan kesehatan yang melibihi Propinsi lain dimana tercatat Sumbar telah 73  persen warganya bergabung pada BPJS, ujarnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*