Walikota Targetkan Kota Sehat Berkelanjutan, Pihak RSUD Adnaan WD dan Forum Kota Sehat Duduk Basamo

WALIKOTA FOTO BERSAMA DENGAN FORUM KOTA SEHAT DAN  POKJA KELURAHAN USAI MEMBUKA ACARA DUDUK BASAMO

WALIKOTA FOTO BERSAMA DENGAN FORUM KOTA SEHAT DAN POKJA KELURAHAN USAI MEMBUKA ACARA DUDUK BASAMO

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Prestasi Kota Payakumbuh di bidang kesehatan sudah luar biasa. Penghargaan Kota Sehat Wistara adalah buktinya. Namun mempertahankannya dan membuat prestasi lanjutan adalah tugas yang tidak mudah. Diperlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat agar kota sehat yang sustainable (berkelanjutan) dapat diwujudkan.

Demikian tekad yang diutarakan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam acara Duduak Basamo jajaran pihak RSUD Adnaan WD dengan Pengurus Forum Kota Sehat di Hotel Kolivera, Kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur, Senin (17/10).

Dalam acara itu, Ketua Forum Kota Sehat, Indra Zahur, Dt. Rajo Simarajo dan Direktur Utama RSUD Adnaan WD, dr. Merry Yuliesday menandatangani MoU tentang program pengembangan dan peningkatan pelayanan di RSUD Adnaan WD. Penandatanganan dilakukan di hadapan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Asisten 2 Setdako Amriul Dt. Karayiang, anggota DPRD Hendrianto Dt. Mangkuto, Kepala BPJS Cabang Payakumbuh Dahidin, Kepala Bappeda Rida Ananda, serta Sekretaris Dinas Kesehatan Desmon Korina.

Walikota Riza Falepi berharap, dialog yang dibuka pihak RSUD Adnaan WD dengan pihak Forum kota sehat yang terdiri atas tokoh-tokoh masyarakat tersebut dapat menjadi salah satu jalan mewujudkan kota sehat yang berkelanjutan. Forum Kota Sehat baik di tingkat kota, kecamatan, hingga pokja sehat kecamatan yang terdapat di kelurahan dapat menjadi perpanjangan tangan RSUD Adnaan WD untuk menyosialisasikan program-program kesehatan. Pemko melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Adnaan WD tidak hanya melaksanakn program pengobatan, tapi juga mencakup tindakan preventif.

“Sehat itu penting, kita harus peduli. Jangan tunggu sakit baru ingat sehat. Kita harus membangun perilaku hidup sehat sebagai tindakan pencegahan. Mari budayakan hidup sehat sehingga kita bisa mencapai kota sehat yang sustainable,” pinta Riza.

Acara duduak basamo itu juga mengagendakan penyerahan bantuan kepada pengurus kota sehat sebesar 2.750.000 rupiah. Bantuan langsung diserahkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi kepada 11 perwakilan yang terdiri atas forum kota sehat, forum 5 kecamatan sehat, pokja sehat kelurahan Pakan Sinayan, Padang Alai Bodi, Limbukan, Koto Panjang Padang, serta Tigo Koto Diate. Masing-masing sebesar 250.000 rupiah.

Sebelum berdialog dengan 100 peserta yang terdiri dari forum kota sehat, forum kecamatan sehat, pokja sehat, jajaran RSUD Adnaan WD, BPJS, Jasa Raharja, Camat, serta sejumlah SKPD, Dirut RSUD Adnaan WD dr. Merry Yuliesday dan Kepala BPJS Cabang Payakumbuh masing-masing memaparkan tentang pelayanan yang ada di RSUD Adnaan WD dan mekanisme pelayanan kesehatan bagi peserta JKN.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*