WALUAPUN SUDAH DIPERBAIKI,208 TERINDAKASI GANDA EKSTERNAL PARPOL LAIN

Advertisements

 

 

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang,Sumatera Barat masih menemukan 208 nama keanggotaan partai poltik terindikasi ganda eksternal parpol lain.

“Walaupun sudah ada perbaikan dilakukan parpol, namun masih ditemukan nama ganda pada keanggotaan parpol terindikasi ganda eksternal di parpol lain,”kata Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra di Padang.

Ia menjelaskan, ganda eksternal parpol lain ini jumlah jauh lebih berkurang dari sebelum masa perbaikan di lakukan parpol.

“Sebelum masa perbaikan ditemukan ribuan lebih nama ganda keanggotaan parpol terindakasi ganda eksternal parpol lain,”ungkapnya.

Hampir seluruh parpol ditemukan keanggotaan ganda eksternal parpol lain. Temuan tersebut ketika penelitian administrasi perbaikan tentang keanggotaan 14 parpol sejak 2 Desember hingga 7 Desember 2017,”jelas Riki.

Riki tidak merinci berapa parpol keanggotaan ganda eksternal parpol lain. “Nanti akan di umumkan berapa terindikasi keanggotaan ganda eksternal parpol lain,”ujarnya.

Ia menambahkan, selain ditemukan keanggotaan ganda eksternal parpol lain, juga masih ditemukan ASN,TNI/Polri  sebanyak 2 orang, anggota parpol masih berumur di bawah 17 dan belum pernah menikah sebanyak 2 orang.

“Ini masih ada kesalahan administrasi dilakukan parpol di Padang,”ungkapnya.

Sedangkan untuk 6 parpol pasca putusan Bawaslu-RI, masih dalam masa perbaikan. “Nantikan parpol akan menyerahkan kembali berkas pada KPU untuk dilakukan penelitian ulang administrasi,”tegas Riki.

Ia menyatakan, tahapan selanjutnya yang akan dilakukan KPU Kota Padang yakni verifikasi faktual ke lapangan mulai 7 hingga 9 Desember 2017.

“Kita akan menurunkan tim verifikator sebanyak 5 tim, masing-masing tim terdiri dari 5 sampai 8 orang,”katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan UU nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Pemilu), KPU akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan parpol, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor tetap yang akan dilakukan pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2017.

“Verifikasi faktual ke pengurusan parpol, keterwakilan perempuan dan domisili kantor tetap hanya akan dilakukan kepada 4 parpol baru dari 14 parpol yakni Partai Perindo, Garuda, Berkarya, dan partai PSI,”imbuhnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*